Laporkan Masalah

METODE PELAKSANAAN STRUKTUR UNDERPASS PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL PEMALANG - BATANG PAKET 1, PEKALONGAN

WEGIG WIJAYANTA, Dr. Eng. Iman Haryanto, ST., MT

2017 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL SV

Underpass Petanjungan merupakan salah satu struktur pendukung pada proyek Tol Pemalang - Batang. Underpass adalah sebuah struktur jembatan yang dibangun melintang di atas jalan raya. Struktur underpass terdiri dari struktur bawah dan struktur atas. Struktur bawah pada pembangunan underpass ini menggunakan abutment dengan lebar 25,2 m dan struktur atas menggunakan gelagar metintang dengan bentang 30,8 m. Adapun tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui metode pelaksanaan pekerjaan struktur underpass. Menganalisis perhitungan volume rencana dan aktual pada pekerjaan pondasi, pekerjaan pembetonan, pekerjaan pembesian, dan pekerjaan girder. Menganalisis perbandingan volume volume rencana dan aktual pada pekerjaan pondasi, pekerjaan pembetonan, pekerjaan pembesian, dan pekerjaan girder. Metode pelaksanaan struktur underpass terdiri dari pekerjaan persiapan, pekerjaan pondasi, pekerjaan struktur bawah, dan pekerjaan struktur atas underpass. Volume rencana pekerjaan pondasi, pekerjaan pembesian, pekerjaan pembetonan lantai kerja, pembetonan struktur, dan pekerjaan girder masing - masing adalah: 4.960 m1, 278.034,56 kg, 48,048 m3, 1.526,687 m3, 60 bh. Volume aktual pekerjaan pondasi, pekerjaan pembesian, pekerjaan pembetonan lantai kerja, pembetonan struktur, dan pekerjaan girder masing - masing adalah: 4.960 m1, 278.034,56 kg, 56 m3, 1.514 m3, 60 bh. Perbedaan volume terjadi pada pekerjaan pembetonan yaitu pekerjaan lantai kerja sebesar 7,952 m3 (tambah) dan pembetonan struktur sebesar 12,687 m3 (kurang).

Petanjungan underpass is one of the supporting structure on project toll of Pemalang - Batang . Underpass is a bridge structure that was built above the transverse roadways. The structure of the underpass structure consists of lower and upper structure. The lower structure on the construction of underpasses uses abutment width 25.2 m and the upper structure using the tranverse girder with 30.8 m width. As for the purpose of this study is to know the methods of implementation of the work structure of underpasses. Analyzing the calculation of volume of the plan and actual work on the Foundation, the concrete work, reinforcement work, and the work of the girder. Analyzing the comparative volume plan and actual work on the Foundation, the concrete work, reinforcement work, and the work of the girder. The method of implementation of the structure of the underpass consist the preparation work, the work of the Foundation, the bottom structure work, and the work of the structure over the underpasses. The volume of work of the Foundation plans, reinforcement work, concrete work, floor structure, and the work of each girder is: 4,960 278,034.56 kg, m1, m3, 48.048 1,526.687 m3, 60 PCs. The actual volume of the Foundation work, reinforcement work, concrete work, floor structure, and the work of each girder is: 4,960 278,034.56 m1, 56 kg, m3, m3, 60 1,514 bh. Volume differences occur in the concrete work of the working floor which is 7.952 m3 (more) and concrete structure is 12.687 m3 (less).

Kata Kunci : Pelaksanaan struktur Underpass, Volume Rencana, Volume Aktual, Perbandingan Volume Rencana dan Aktual

  1. D3-2017-368369-abstract.pdf  
  2. D3-2017-368369-bibliography.pdf  
  3. D3-2017-368369-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2017-368369-title.pdf