Laporkan Masalah

ANALISIS PENGARUH VOKAL DAN TEMPO PADA MUSIK POP TERHADAP PERFORMANSI KERJA MELALUI TES PAULI

CRISTY ARTARINA M. SIMATUPANG, Andi Rahadiyan W, S.T., M.Sc., Lic., Ph.D.,

2017 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

INTISARI Performansi merupakan hal yang penting bagi seluruh manusia, baik di dalam rumah, sekolah/kampus, maupun di tempat bekerja. Performa kerja mahasiswa dapat dilihat dari prestasi akademik, yang merupakan sebuah indikator untuk keberhasilan dan tercapainya tujuan pembelajaran. Performa mahasiswa dipengaruhi oleh rasa jenuh, bosan, kehilangan konsentrasi, bahkan merasa buntu saat mengerjakan pelajarannya. Oleh sebab itu perlu dilakukan usaha untuk meningkatkan performansi kerja mahasiswa. Beberapa penelitian memanfaatkan musik sebagai salah satu alat untuk meningkatkan konsentrasi pada proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh vokal dan tempo pada musik pop terhadap performasi kerja manusia Performansi kerja yang diukur dalam penelitian ini ada 3 yaitu, kecepatan kerja, kestabilan kerja, dan ketelitian kerja. Pada penelitian ini pengukuran tersebut dilakukan dengan metode Tes Pauli. Responden yang digunakan sebanyak 21 orang yang terdiri 12 responden laki-laki dan 9 responden perempuan dengan rentang usia yang digunakan 19-22 tahun. Desain eksperimen terdiri dari 2 dependen variabel yaitu vokal dan tempo dan masing-masing terdiri dari 2 level yaitu vokal (ada dan tidak ada vokal) dan tempo (135-155 bpm dan 172-192 bpm). Volume musik yang digunakan untuk setiap desain penelitian sama yaitu 60% dari total volume music player. Hasil penelitian menunjukkan bahwa musik berpengaruh di dalam lingkungan belajar. Pada kecepatan kerja, faktor yang mempengaruhi yaitu tempo, dimana kecepatan kerja lebih tinggi ketika tempo yang digunakan 172-192 bpm. Faktor vokal dan tempo yang digunakan dalam penelitian ini ternyata tidak berpengaruh terhadap performa kestabilan kerja. Pada ketelitian kerja, faktor yang mempengaruhi yaitu tempo, dimana tingkat ketelitian meningkat ketika pada tempo 135-155 bpm. Kata Kunci : Musik, Musik Pop, Vokal, Tempo , Performansi Kerja, Tes Pauli

ABSTRACT Performance is an important aspect for all people, both inside the school or university and workplace. Student work performance can be seen from the academic achievement, which is become the indicator to achieved the purposes of the objectives. Student performance is influenced by the feel of saturated, bored, lack of concentration, and even reach the dead end when do the study. Therefore, it is necessary to improve the student work performance. Some research utilizing music as the tools to improve the concentrate of the student during the learning process. The research aims to know the influence of vocal and tempo of pop music to the student work performance. In this research, work performance can be measured as three, such as: speed of work, work stability and work accuracy. In this research, the measurement is happened using Pauli Test and Questionnaire method. The participants that used in this research are twenty-one persons which consists of twelve men and nine women as nineteen until twenty-two as the age estimation. Experimental design consists of two dependent variables which are vocal and tempo. Each of the variables consists of two levels which are vocal (exist and non-exist vocal) and tempo (135-155 bpm and 172-192 bpm). The volume of music that used for each experimental design is equal, which is sixty percent from total volume of music player. The result of the experiment shows that music has an influence in the study environment. In speed of work aspect, tempo is the influencing aspect, where the speed of work is higher when the tempo used is 172-192 bpm. The vocal and tempo aspect that used in the research is not influencing the stability of work. In work accuracy, tempo is the influencing aspect, where the accuracy level increase when the tempo is 135-155 bpm. Keywords: Music, Pop Music, Vocal, Tempo, Work performance, Pauli Test

Kata Kunci : Keywords: Music, Pop Music, Vocal, Tempo, Work performance, Pauli Test

  1. S1-2017-345391-abstract.pdf  
  2. S1-2017-345391-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-345391-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-345391-title.pdf