PROSES OPERASIONAL SISTEM RESERVASI PARAMA UNTUK INBOUND TOUR DI PANORAMA DESTINATION YOGYAKARTA
SUGIATI, Elisa Dwi Rohani, S.E., M.Sc.
2017 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SVLaporan tugas akhir ini menjelaskan tentang proses reservasi inbound tour pada Panorama Destination Yogyakarta dan masalah atau hambatan yang sering terjadi pada saat proses reservasi tour inbound di Panorama Destination Yogyakarta serta usaha untuk mengatasinya Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini adalah observasi langsung, wawancara dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian tugas akhir ini adalah bahwa pada setiap biro perjalanan mempunyai sistem reservasi yang berbeda, seperti halnya Panorama Destination Yogyakarta yang menggunakan sistem reservasi Parama. Penulis berusaha memaparkan secara detail, tepat, dan jelas mengenai penggunaan sistem aplikasi Parama pada proses reservasi inbound tour di Panorama Destination. Sehingga baik isi maupun bahasannya dapat diterima dan dipahami oleh pembaca.
This final exam describes the inbound reservation process at Panorama Destination Yogyakarta and the problems or obstacles that often occur during the inbound tour reservation process in Panorama Destination Yogyakarta and efforts to overcome them Data collection methods used in this thesis research are direct observation, interview and literature study. The data obtained is then processed using qualitative descriptive method. The result of final exam research is that every travel agency has different reservation system, just like Panorama Destination Yogyakarta using Parama reservation system. The author tries to explain in detail, exact, and clear about the use of Parama application system on the inbound reservation process tour in Panorama Destination. So that both the content and discussion can be accepted and understood by the reader.
Kata Kunci : Inbound Tour, Reservasi, Operasional, Biro Perjalanan Wisata