Laporkan Masalah

ANALISIS PENYEBAB TIDAK DIIMPLEMENTASIKAN SISTEM E-TAX PADA PELAPORAN DAN PEMBAYARAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN DI KOTA YOGYAKARTA

INAS SHOFIA WIDIYATI, Dra. Sumirah, M.Si., Ak

2017 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI SV

Sistem e-tax adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan pelaporan dan pembayaran pajak daerah secara online oleh Wajib Pajak (WP). Di Kota Yogyakarta pembayaran pajak daerah sudah mulai menerapkan e-tax untuk pembayaran Pajak Hotel dan Pajak Restoran. Dengan diterapkan sistem tersebut diharapkan mampu memberikan pelayanan yang optimal dalam pembayaran dan pelaporan Pajak Hotel dan Pajak Restoran mengingat banyaknya hotel dan restoran di Kota Yogyakarta dan terus meningkat setiap tahunnya. Pelayanan pajak daerah di Kota Yogyakarta dikelola oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta. Dalam Tugas Akhir ini penulis melakukan wawancara kepada manajer hotel dan restoran yang diwajibkan tahap pertama dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 116 Tahun 2014 untuk menggunakan sistem e-tax namun tidak ikut menggunakan sistem e-tax dalam pelaporan dan pembayaran usahanya. Dari 65 Wajib Pajak (WP) yang diwajibkan hanya 21 Wajib Pajak (WP) yang ikut menggunakan sistem e-tax. Hasil dari penelitian ini alasan Wajib Pajak (WP) yang tidak ikut menggunakan sistem etax adalah tidak semua Sumber Daya Manusia (SDM) milik Wajib Pajak (WP) yang memadai untuk menggunakan sistem e-tax, sistem e-tax yang kurang sempurna sehingga ada sistem milik Wajib Pajak (WP) yang tidak bisa dihubungkan. Kekurangan dari sistem e-tax yaitu keharusan Wajib Pajak (WP) untuk memiliki rekening di BRI walaupun sebelumnya sudah memiliki rekening di bank lain, walau begitu Wajib Pajak (WP) merasa tertarik untuk menggunakan sistem e-tax karena dengan menggunakan sistem e-tax dirasa lebih efektif dan efisien dalam melakukan pelaporan dan pembayaran pajak usahanya.

The e-Tax system is a system used for reporting and paying online local taxes by Taxpayer (WP). In Yogyakarta City, local tax payment has started applying e-tax for Hotel Tax and Restaurant Tax payment. By applying this system, it expected to provide optimal service in paying and reporting Hotel Tax and Restaurant Tax considering the number of hotels and restaurants in Yogyakarta City and continuously increase every year. Local tax service in Yogyakarta is managed by Local Government Finance and Assets Agency (BPKAD) of Yogyakarta. In this final research, the researcher interviewed the hotel and restaurant managers who require the first phase to use the e-tax system but do not participate to use the e-tax system in reporting and paying for their business. From 65 Taxpayer (WP) only 21 participate to use the e-tax system in reporting and paying for their business. The result of this study is the reason of the Taxpayer who does not participate in the e-Tax system is not all Human Resources (HR) belong to the Taxpayer (WP) that adequate to use e-Tax system, the e-Tax system is less perfect so there is a system of Taxpayer (WP) that cannot be connected. Deficiency of e-tax system is a must of Taxpayer (WP) for having an account at BRI even though already has an account at another bank, although Taxpayer (WP) feels interested to use e-tax system because it is more effective and efficient by using e-tax system in doing reporting and paying business tax.

Kata Kunci : pajak, sistem, e-tax, implementasi, hotel, restoran

  1. D3-2017-367722-abstract.pdf  
  2. D3-2017-367722-bibliography.pdf  
  3. D3-2017-367722-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2017-367722-title.pdf