EVALUASI STRATEGI UNIT BISNIS DIREKTORAT CORPORATE BANKING PT BANK CIMB NIAGA Tbk
RIZAL WIJATMOKO, Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc.
2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTAPT. Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang perbankan. Secara aset CIMB Niaga adalah bank terbesar ke-5 di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan strategi wholesale transaction banking yang telah diterapkan di unit kerja Direktorat Corporate Banking PT Bank CIMB Niaga Tbk apakah sudah berjalan optimal. Jenis Penelitian ini adalah penelitian analisis kualitatif deskriptif ini dilakukan atas informasi yang didapat dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan, pengalaman dan laporan tahunan berikut data-data internal tahun 2015 dan 2016 serta data sekunder lainnya yang terkait dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan evaluasi strategi bisnis Rumelt (2000) sebagai alat analisisnya yaitu dikombinasikan dengan model lima kekuatan persaingan Porter (Porters Five Forces Analysis) dan analisis resource based view. Kerangka evaluasi strategi bisnis Rumelt (2000) yang terdiri atas 4 (empat) tahapan yaitu (1) Evaluasi konsitensi (Consistency) untuk melihat apakah terdapat inkonsisten dari arah visi, misi, tujuan, strategi dan program inisiatif yang dijalankan. (2) Evaluasi kesesuaian (Consonance) untuk melihat adaptasi strategi terhadap lingkungan eksternal dengan menggunakan five forces model oleh Porter untuk menganalisis dan mengetahui kondisi persaingan. (3) Evaluasi keunggulan (Advantage) untuk analisis internal dilakukan dengan mempergunakan metode resource based view. (4) Evaluasi kelayakan (feasibility) juga dilakukan untuk mengetahui apakah strategi yang telah ditetapkan dapat diimplementasikan secara baik dalam program kerja dan memberikan solusi yang baik serta tidak memberikan masalah yang akan datang. Dalam hal ini akan diketahui apakah strategi tersebut dapat dieksekusi dalam bentuk kegiatan operasional. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang telah dijalankan sesuai dengan visi dan misi serta mempertimbangkan kondisi eksternal dan internal, strategi yang dirumuskan juga tidak menyebabkan permasalahan di masa yang akan datang namun pelaksanaanya memang belum optimal, hal ini tercermin pada kinerja dalam 5 tahun terakhir terlihat bahwa kinerja Direktorat Corporate Banking terus melakukan perbaikan atau sejalan dengan strategi yang diterapkan yang strategi wholesale banking.
PT. Bank CIMB Niaga Tbk ("CIMB Niaga") is a company engaged in banking. CIMB Niaga's asset is the fifth largest bank in Indonesia. This study aims to evaluate the implementation of wholesale transaction banking strategy that has been implemented in the working unit of Corporate Banking Directorate - PT Bank CIMB Niaga Tbk whether it is running optimally. Type This research is descriptive qualitative analysis research is conducted on information obtained by data collection techniques through interviews, observations, experiences and annual reports following the internal data of 2015 and 2016 and other secondary data related to this research. This study uses Rumelt's (2000) business strategy evaluation as an analytical tool that is combined with the Porter's Five Forces Analysis and the resource based view model. The Rumelt (2000) business strategy evaluation framework consists of 4 (four) stages: (1) Consistency evaluation to see if there is an inconsistency in the direction of the vision, mission, objectives, strategy and initiative program being undertaken. (2) Consonance evaluation to see adaptation of strategy to external environment by using five forces model by Porter to analyze and know the condition of competition. (3) Advantage evaluation for internal analysis is done by using resource based view method. (4) Feasibility evaluation is also conducted to determine whether the established strategy can be implemented well in the work program and provide a good solution and does not provide the problem that will come. In this case will be known whether the strategy can be executed in the form of operational activities. The result of this research is that the strategy that has been executed in accordance with the vision and mission as well as considering the external and internal conditions, the formulated strategy also does not cause problems in the future but the implementation is not optimal yet, this is reflected in the performance in the last 5 years seen That the performance of the Directorate of Corporate Banking continues to make improvements or in line with the strategy implemented by wholesale banking strategy
Kata Kunci : evaluasi strategi Rumelt, five forces model