Laporkan Masalah

PERANCANGAN BODY MOTOR JENIS MATIC UNTUK MAHASISWA DENGAN METODE PENGEMBANGAN PRODUK SERTA CONJOINT ANALYSIS

ANNISA MUTIARA K, Dr.Eng. M. Arif Wibisono, M.T.

2017 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Saat ini, jumlah motor di DIY semakin meningkat, khususnya jenis matic. Hal ini berbanding lurus dengan variasi yang dikeluarkan oleh perusahaan motor sebagai bentuk inovasi bisnis. Terkait dengan DIY yang dikenal sebagai Kota Pelajar dan tingginya jumlah motor, maka dilakukan perancangan body motor matic untuk mahasiswa DIY. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui factor dan preferensi mahasiswa dalam memilih motor matic, serta mendapatkan desain 3D body motor matic. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan produk dan conjoint analysis. Proses dilakukan dengan identifikasi kebutuhan pelanggan yang melibatkan 145 responden untuk mendapatkan need statement dan atribut. Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan konsep dengan menggunakan metode orthogonal array (orthogonal design) sehingga didapatkan 16 konsep. Kemudian dilakukan pemilihan konsep menggunakan conjoint analysis, metode rating, dan analisis level untuk mengetahui preferensi 5 konsep dan atribut. Untuk atribut didapatkan bentuk lampu belakang, posisi lampu depan, komposisi striping, warna, kesan, dan bentuk lampu depan. Lima konsep yang diproses melalui screening dan scoring menghasilkan satu konsep yaitu Konsep 1 dengan kesan futuristik, berwarna hitam-merah, lampu depan berbentuk huruf M dan terletak di body motor. Lampu belakang berbentuk huruf A, sedangkan body motor memiliki striping tulisan merk tanpa list.

Nowadays, the number of motorcycle in DIY is increasing, especially the type of scooter. It's directly proportional to the variety of motorcycle by motor firms as a form of business innovation. Related to the DIY as the City of Students and the high number of motorcycles, designed a body of scooter for DIY's students is required. The purpose of this study is to determine the students's preferences in choosing a scooter and also get the scooter's 3D design. The method used are product development method and conjoint analysis. The process is identification customer needs involving 145 respondents to get need statement and attributes. Then proceed with concept generation by using orthogonal array method that obtained 16 concepts. Then we do concept selection using conjoint analysis, rating, and level analysis to determine the preferences of 5 concept and attributes. For attributes, there are rear-shape, headlamp-position, striping, color, impression, and headlamp-shape. Five concepts are processed through screening and scoring and produce a concept, Concept 1, with futuristic impression, black-red color with M-shaped headlamps and located in the motor body. The rear lights are A-shaped, while the striping only with a brand text without a list.

Kata Kunci : Motor Matic Design, Product Development, Conjoint Analysis

  1. S1-2017-349660-abstract.pdf  
  2. S1-2017-349660-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-349660-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-349660-title.pdf