METODE IMAJINASI HANZI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI ENGLISH MANDARIN CALISTUNG (EMC) YOGYAKARTA
LUCIA MEIDINA S P, Citra Ayu Novitasari, B.A., M.TCSOL
2017 | Tugas Akhir | D3 BAHASA MANDARIN SVTugas akhir berjudul Metode Imajinasi Hanzi Dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin Di English Mandarin Calistung (EMC) Yogyakarta Hanzi berisi tentang metode pembelajaran yang digunakan oleh EMC dalam proses belajar mengajar yang berbeda yaitu metode imajinasi. Selain metode imajinasi yang digunakan, EMC juga menggunakan metode pengumpulan stiker. Tujuan EMC dalam menggunakan kedua metode ini adalah untuk mempermudah pengajar dan murid didik dalam proses belajar dan mengajar. Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini ialah observasi, wawancara, kuesioner serta studi pustaka. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa metode pengajaran yang digunakan EMC mempermudah murid didik dalam menghafalkan urutan guratan suatu Hanzi nada Mandarin, serta menjadikan murid didik dapat belajar bahasa Mandarin dengan lebih menyenangkan.
The final project entitled The Imagination Method In Learning Mandarin Hanzi In English Mandarin Calistung (EMC) Yogyakarta, contains of the different lessons method, EMC uses the imagination method beside, EMC also use stickers method. The purpose of EMC using imagination and stickers method is to facilitate teacher and student in lesson proses. The research method in this final project are observation, interview, questionnaire and literature study. The results explain that method to motivate the student to memorize Hanzi, Mandarin tones and make the students to learn Mandarin more joyfully.
Kata Kunci : metode imajinasi, pembelajaran bahasa Mandarin, EMC / the imagination method, learning Mandarin, EMC