Laporkan Masalah

Analisis Strategi Distribusi PT X Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP)

KAUTSAR EFFENDI, Dr. Henry Yuliando, STP, MM., M.Agr

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Tujuan pelaku usaha adalah mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dan mempunyai posisi yang diinginkan sehingga perusahaan dituntut untuk menggunakan sumber daya secara maksimal agar mampu bersaing dan bertahan hidup. Salah satu cara adalah memanfaatkan saluran distribusi secara maksimal dan menjadikan distribusi sebagai strategi daya saing. Dalam manajemen operasi, distribusi mengacu pada tahapan-tahapan yang diambil untuk memindahkan dan menyimpan produk dalam rantai pasok (Chopra dan Meindl, 2010). Sejumlah penelitian mendasarkan pada metode Multi-Criteria Decision Making (MCDM) dalam memilih strategi distribusi yang tepat. Salah satu metode MCDM yang umum digunakan adalah metode Analytic Hirerachy Process (AHP) karena keunggulan metode ini mampu mengakomodasi faktor kualitatif dan kuantitatif yang mempengaruhi alternatif strategi yang akan diterapkan. Metode AHP dalam penelitian ini digunakan untuk mengidentifikasi strategi distribusi yang dipilih oleh salah satu perusahaan tepung terigu di Indonesia, yang selanjutnya disebut sebagai PT X dan untuk memperoleh gambaran awal, evaluasi kinerja distribusi PT X dilakukan berdasarkan beberapa faktor agar diperoleh gambaran mengenai kondisi distribusi yang dialami PT X. Distributor PT X mencakup wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, luar pulau Jawa, dan luar negri. Evaluasi kinerja saluran distribusi PT X menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa permasalahan yang terjadi, seperti total produksi penjualan sebesar 1 juta ton per bulan belum dapat memenuhi jumlah permintaan dan banyaknya jumlah variasi produk yang memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda merupakan salah satu kekurangan produk PT X. Identifikasi strategi distribusi berdasarkan struktur hirarki yang telah dibangun dan perhitungan bobot penilaian dengan metode AHP menunjukkan bahwa dari kelima strategi distribusi, strategi berdasarkan pelanggan menjadi pilihan prioritas atau terbaik untuk meningkatkan kinerja saluran distribusi PT X.

The objective of running a business is to gain profit as much as possible and to achieve the desired position, therefore the company is required to take advantage of the resources optimally in order to compete and survive. One of many ways is by maximally utilizing the distribution channel and to make distribution as competitive strategy. In operation management, distribution refers to the stages taken to move and store the products in supply chain (Chopra and Meindl, 2010). A number of studies refer to Multi-Criteria Decision Making (MCDM) in selecting the most suitable distribution strategy. One of the most common MCDM method that are widely used is Analytical Hierarchy Process (AHP) since this method is able to accommodate both qualitative and quantitative factors which affect the alternative strategy that will be implemented. In this study, AHP method is utilized to identify the distribution strategy chosen by one of the flour company in Indonesia, here in after referred to as PT X and to obtain initial depiction, the distribution performance evaluation of PT X was done based on several factors to obtain the depiction of distribution condition of PT X. Distribution of PT X covers the region of Central Java, East Java, West Java, Jakarta, outside Java, and overseas. Channel distribution performance evaluation of PT X shows that there are still several issues occurred; for example, the total amount of sales production that reach 1 million ton per month is still unable to meet the number of demand and there are too many product variations that have similar substance with other product are the shortage of the product from PT X. Identification of distribution strategy is based on hierarchical structure which has been built and the weight appraisal calculation utilizing AHP method shows that out of all the five distribution strategy, the strategy based on the customer is chosen as the priority or the best strategy to improve the distribution channel performance of PT X.

Kata Kunci : strategi distribusi, AHP

  1. S2-2017-361028-abstract.pdf  
  2. S2-2017-361028-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-361028-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-361028-title.pdf