ANALISIS STRATEGI DENGAN PENDEKATAN RESOURCE BASED VIEW PADA PERUSAHAAN BIDANG SOFTWARE-AS-A-SERVICE (SAAS) STUDI PT COROCOT
Mahardhika Gilang, Syaiful Ali, MIS., Ph.D., AK., CA.,
2017 | Tesis | S2 ManajemenDengan semakin berkembangnya UKM dan pengguna internet di Indonesia, perusahaan pembuat perangkat lunak pun mulai melakukan integrasi perangkat lunaknya dengan internet, sehingga bisa digunakan oleh publik. Perusahaan yang melakukan integrasi perangkat lunaknya ini dikenal dengan nama layanan software-as-a-service (SaaS). Seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan pengembang perangkat lunak ikut masuk dalam layanan berbasis SaaS. Pengguna layanan SaaS ini pun sadar akan kemudahan dan keamanan layanan tersebut dimana para pengguna tidak perlu memiliki berbagai macam perangkat keras untuk dukungan terhadap perangkat lunak dan tidak membutuhkan keahlian dalam mengelola ataupun menciptakan perangkat lunak yang dibutuhkan. PT Corocot selaku perusahaan pengembang perangkat lunak berbasis web pun ikut meramaikan layanan SaaS ini, dalam satu tahun terakkhir PT Corocot telah berkembang dan begitupun para pesaingnya. Analisa sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki PT Corocot dilakukan dengan menggunakan teori resource based view dengan kerangka dari Robert Grant M serta kerangka VRIO dari Jay Barney. Penggunaan dua kerangka ini untuk saling melengkapi sehingga hasil sumber daya dan kapabilitas bersifat keuggulan jangka panjang dan akan lebih spesifik dan dapat digunakan oleh PT Corocot. Pengambilan data menggunakan metode wawancara yang bertempat di kantor PT Corocot dimana informannya adalah Founder dan Co-Founder PT Corocot. Hasil dari wawancara dan analisa menggunakan dua kerangka tersebut menyatakan bahwa whitelabel dengan vendor besar dan jalinan kerjasama, manajemen dan hubungan dalam tim dan ide kreatifitas tim serta research & development sebagai keunggulan bersaing jangka panjang PT Corocot.
With the growing of SME and internet user in Indonesia, company that producing software start to make an integration with its software to the internet, so it can be used by public. Company that make an integration of their software to the internet and use by public is called software-as-a-service (SaaS). As time goes by, many software developers company take part in the services that based on SaaS. User of this SaaS service are aware of its easiness to use and its safety of their data where users doesn�t have to own any physical hardware for complementing its software and any technical skill is not necessarily needed. PT Corocot as software developers company based on web technology also enliven and providing SaaS to their client. Analyzing resource and capabilities that PT Corocot have with using resource based view theory with framework from Robert Grant M and VRIO framework from Jay Barney. Using this two framework makes each other complete so that the resource and capability result are in the category of sustained competitive advantage and more specific also can be used by PT Corocot in the near future. Collecting data are using interview method that located in PT Corocot office where the informant is its Founder and Co-Founder of PT Corocot. The result from interview and analyzing using this two framework state that whitelabel with big vendor and its relationship, management and relation within team and its creativity idea along with its research & development as sustained competitive advantage of PT Corocot.
Kata Kunci : resource based view, rbv, software as a service, saas