Pengaruh Pengalaman Pada Kepuasan, Niat Kunjungan Kembali dan Niat Merekomendasi Pengunjung Festival Budaya dan Seni di Yogyakarta
LIDYA VELESIA, Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D
2017 | Tesis | S2 ManajemenPenelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penyelenggaraan festival sebagai strategi promosi pariwisata, sedangkan keterlibatan pengunjung agar jadi peserta dalam festival budaya dan seni di Yogyakarta berbasis pengalaman masih belum mendapat perhatian khusus. Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis hubungan terkait pengalaman edukasi, pengalaman hiburan, pengalaman pelarian, dan pengalaman estetika di festival pada kepuasan pengunjung, menguji dan menganalisis hubungan terkait kepuasan pengunjung festival pada niat berkunjung kembali, menguji dan menganalisis hubungan terkait kepuasan pengunjung festival pada niat merekomendasi. Penelitian ini menggunakan survei dengan menyebarkan kuisioner kepada 280 responden berusia 15 hingga 45 tahun yang pernah mengunjungi festival Budaya dan Seni di Yogyakarta minimal 1 (satu) kali dalam kurun waktu setahun terakhir. Kuisioner penelitian diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman hiburan, pengalaman pelarian, dan pengalaman estetika memiliki pengaruh positif pada kepuasan pengunjung, kepuasan pengunjung memiliki pengaruh positif pada niat berkunjung kembali, dan kepuasan pengunjung memiliki pengaruh positif pada niat merekomendasi pengunjung festival Budaya dan Seni di Yogyakarta. Pengalaman estetika menjadi kontributor pengaruh positif terbesar pada niat berkunjung kembali. Tetapi, pengalaman edukasi tidak memiliki pengaruh positif pada kepuasan pengunjung festival Budaya dan Seni.
This background of research started by the festival phenomenon as tourism promotion strategy, while visitors engagement so that they become participants in cultural and arts festival in Yogyakarta based on experience has not received special attention. The purpose of this study were to examine and to analyze the relationship of festival education experience, entertainment experience, escapism experience, and esthetics experience on visitors satisfaction, to examine and to analyze the relationship of visitors satisfaction on revisit intention, to examine and to analyze the relationship of visitors satisfaction on recommendation intention. This study was used survey by distributing questionnaires to 280 respondents age between 15 to 45 years old who has visited Cultural and Arts Festival in Yogyakarta minimum one time (once) within the past year. Questionnaires were processed using Structural Equation Modelling (SEM) methods. Study results showed that entertainment experience, escapism experience, and esthetics experience has positive relationship on visitors satisfaction, then satisfaction has positive effect on both revisit intention and recommendation intention. Esthetic experience is the largest contributor of positive relationship on visitors satisfaction. However, education experience has no positive effect on visitors satisfaction.
Kata Kunci : pengalaman, edukasi, hiburan, pelarian, estetika, kepuasan, niat berkunjung kembali, niat merekomendasi, pengunjung, festival, budaya, seni, Cultural and Arts Festival, Education, Entertainment, Escapism, Esthetics, Experience, Intention, Revisit, Recomme