STUDI PENETAPAN NILAI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG (EMP) KENDARAAN BERMOTOR RODA 3 MENGGUNAKAN METODE TIME HEADWAY PADA RUAS JALAN A. MOCH. SANGAJI YOGYAKARTA
SUCI FITRIYANI, Nursyamsu Hidayat,ST., MT., Ph.D.
2017 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL SVJalan A. Moch. Sangaji merupakan jalan dua lajur dua arah tanpa median. Jumlah kendaraan bermotor roda 3 yang melewati jalan ini cukup besar karena jalan ini menghubungkan lalu lintas dari Yogyakarta ke Ringroad Utara dan sebaliknya. Hal lain sebagai pertimbangan adalah pada area pengambilan data banyak dilewati kendaraan bermotor roda 3 karena berada di daerah pasar Kranggan. Lalu lintas padat dengan kemacetan kadang-kadang terjadi di beberapa titik selama jam puncak. Pada jam sibuk, terjadi kepadatan padaruas jalan ini. Berdasarkan kondisi tersebut memudahkan dalam pencarian data ekivalensi mobil penumpang (emp) supaya kinerja yang diperoleh sesuai keadaan sebenarnya. Lokasi penelitian ada pada ruas Jalan A. Moch. Sangaji yang dilewati oleh proporsi iringan kendaraan bervariasi dan kontinyu baik kendaraan iringan maupun kendaraan bermotor roda 3 sehingga memenuhi syarat perhitungan emp. Waktu penelitian pada hari Sabtu, 05 November 2016 pukul 07.00-09.00 dan 15.00-17.00. Metode yang digunakan adalah survey pendahuluan, survey nyata, dan analisis time headway. Data untuk perhitungan emp berupa arus lalu lintas dan headway iringan. Nilai emp yang diketahui pada penelitian ini ada dua, yaitu 0,785 untuk arah Utara dan 0,75 untuk arah Selatan.
A. Moch. Sangaji street a two-lane two-way road without separation. Amount of 3 wheels motor vehicles that pass this way are quite large because of this road connecting traffic from Yogyakarta to North Ringroad and vice versa. Another point for consideration is the area of data collection lots skipped 3 wheels motor vehicles because it was in the Kranggan market area. Dense traffic with traffic jam sometimes occurred in some point during peak hour. Under these conditions facilitate the search data passenger car equivalents (PCE) so that performance is obtained according to the actual situation. The research war located in Road A. Moch. Sangaji passed by the proportion of vehicles varied and continuous accompaniment both light vehicles and 3-wheel motor vehicle so as to qualify the calculation of PCE. When the study on a Saturday, November 5th, 2016 at 7:00 to 09:00 and 15:00 to 17:00. The method used was preliminary survey, real survey, and time headway analysis. Data for the calculation of PCE in the form of traffic flow and headway vehicle accompaniment. There are two emp values revealed in this research, 0,785 for north direction and 0,75 for south direction.
Kata Kunci : EMP, time headway/ PCE, time headway