Laporkan Masalah

PENENTUAN INDIKATOR KELUARAN (OUTPUT) UNTUK KEGIATAN PELAYANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH

IRNA NINGSIH, Irwan Taufiq Ritonga, S.E., M.Bus., Ph.D., CA.

2017 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Indikator keluaran untuk Program Pelayanan Administrasi Perkantoran masih banyak terdapat variasi. Kegiatan dalam RKA-SKPD 2.2.1 merupakan kegiatan-kegiatan yang sama, namun dalam prakteknya indikator keluaran yang disajikan masih bervariasi. Variasi indikator kinerja masih disajikan dalam persentase, jumlah bulan dan tahun. Tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan indikator keluaran terbaik untuk Program Pelayanan Administrasi Perkantoran. Penelitian ini menggunakan metoda kualitatif. Objek penelitian ini yaitu Dinas Pendapatan Daerah pada Provinsi DIY, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta. Formulir RKA-SKPD 2.2.1 merupakan dokumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk dianalisis dan hasil kuesioner sebagai hasil penelitian yang disajikan dalam narasi kualitatif. Partisipan untuk kuesioner merupakan pegawai SKPD yang terlibat dalam proses penyusunan baik perencanaan, penganggaran, maupun input RKA-SKPD 2.2.1. Hasil penelitian menunjukan masih terdapat perbedanaan dalam menentukan indikator keluaran untuk Program Pelayanan Administrasi Perkantoran. Sehingga, perlu dilakukanya pooling melalui kuesioner untuk menentukan indikator keluaran terbaik dalam ProgramPelayanan Administrai Perkantoran.

Output indicator for Administrative Services Program are still many variations. Activities in RKA-SKPD 2.2.1 is the same activities, but in practice the output indicator presented variations. Variations of performance indicator is being presented as a percentage, the number of months and years. The purpose of this study is to determine the best output indicator for Office Administrative Services Program. This study uses a qualitative method. The object of this research that the Department of Revenue in the Province of Yogyakarta, Regency of Bantul, Regency of Sleman and Yogyakarta City. Form RKA-SKPD 2.2.1 is the document used in this study to be analyzed and the results of the questionnaire as a result of the research presented in qualitative narrative. Participants to the questionnaire is SKPD employees involved in the drafting process planning, budgeting, and input RKA-SKPD 2.2.1. The results showed there is a difference in determining output indicators for Office Administrative Services Program. So, pooling through a questionnaire to determine the best output indicators in Office Administrative Services Program.

Kata Kunci : Performance target, indicator, output, best, Office Administrative Services Program, Department of Revenue

  1. S1-2017-297718-abstract.pdf  
  2. S1-2017-297718-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-297718-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-297718-title.pdf