EVALUASI STRATEGI PENGEMBANGAN FRANCHISE SEBAGAI STRATEGI UTAMA PADA ALFAMART DI INDONESIA
DAVIS FERDINAND HALA, Amin Wibowo, MBA, Ph.D
2017 | Tesis | S2 ManajemenTujuan penelitian adalah mengevaluasi efektifitas penerapan strategi utama Alfamart yaitu franchise dalam menghadapi persaingan dengan menggunakan SWOT dan Key Success Factors yang dimiliki Alfamart. Ada tiga cara penelitian yang digunakan dalam penelitian. Kesimpulan yang diperoleh penulis berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan dengan SWOT analisis adalah Alfamart memiliki kekuatan dan peluang yang baik ke depan, namun harus tetap meningkatkan kapabilitas dan sumber dayanya untuk mengatasi kelemahan dan ancaman di industri pasar swalayan modern. Kesimpulan selanjutnya diperoleh penulis untuk mengetahui posisi perusahaan didalam industri pasar swalayan modern berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan dengan analisis Internal External Matriks (IE Matrix) melalui perhitungan dengan menunjukkan bahwa kondisi Alfamart saat ini sangat sesuai untuk mengantisipasi peluang atau ancaman dan kekuatan atau kelemahan pada setiap faktor yang ada. Kesimpulan terakhir berdasarkan analisis Key Success Factor (KSF) adalah Alfamart memiliki 5 kunci keberhasilan yang dapat digunakan sebagai modal utama Alfamart dalam menghadapi persaingan.
The research objective was to evaluate the effectiveness of the implementation of the main strategies namely franchise Alfamart in the face of competition by using SWOT and Key Success Factors owned Alfamart. There are three ways of research used in the study. The conclusion the authors based on the results of research conducted by SWOT analysis is Alfamart has strengths and opportunities well into the future, but should still improve the capability and resources to address the weaknesses and threats in the modern supermarket industry. Further conclusion obtained by the authors to determine the position of the company in the industry a modern supermarket based on the results of research conducted by analysis Internal External Matrix (IE Matrix) through calculation by showing that the conditions Alfamart today is very appropriate to anticipate opportunities or threats and the strength or weakness of each factors that exist. The final conclusions based on analysis of Key Success Factor (KSF) is Alfamart has five keys to success that can be used as a major capital Alfamart in the face of competition.
Kata Kunci : Pasar Swalayan Modern, Waralaba, Analisis Strategi, SWOT, IE Matrix, Key Success Factor.