Laporkan Masalah

TRANSFORMASI BRI MENUJU ERA BANK 3.0 MELALUI OPTIMALISASI BRISAT UNTUK MENJAWAB ERA DIGITALISASI PERBANKAN

ANANTO SKARTININGRON, Bayu Sutikno, SE., M.S.M., Ph.D

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Penetrasi perbankan baru mencapai 54 persen dari masyarakat Indonesia. Kondisi ini menjadi tantangan bagi industri perbankan di Indonesia untuk meningkatkannya. Salah satu strategi yang dapat diambil oleh industri perbankan dalam rangka meningkatkan penetrasinya adalah dengan menerapkan digital banking. Kelebihan yang dapat diperoleh dari penerapan digital banking adalah bank tidak perlu membuka kantor cabang sampai ke pelosok, karena bisa memanfaatkan infrastruktur yang sudah tersedia, seperti sarana telepon genggam dan perangkat yang berbasis internet. Perkembangan teknologi telah memberikan banyak kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan dalam sistem perbankan. Di sisi yang lain, teknologi juga telah membuka peluang bisnis bagi lembaga-lembaga non-bank untuk saling berkompetisi dalam menawarkan produk keuangan yang mensubtitusi produk/layanan perbankan melalui layanan yang lebih dikenal dengan istilah financial technology (fintech), yang memiliki keuggulan layanan yang lebih mudah, murah, dan cepat. Bank BRI sebagai sebuah lembaga yang bergerak di bidang jasa perbankan wajib mengikuti arus digitalisasi yang sedang berlangsung. Sesuai dengan ungkapan the bank follow the business, Bank BRI menjadi pihak yang ikut menikmati gelombang ekonomi digital dengan meluncurkan berbagai inovasi perbankan berbasis teknologi digital.

Banking penetration has only reached 54 percent of the people of Indonesia. This condition is a challenge for the banking industry in Indonesia to increase it. One strategy that can be taken by the banking industry in order to increase its penetration is to implement a digital banking. The advantages that can be gained from the application of digital banking is no need to open a bank branch offices to remote, because it can take advantage of the infrastructure that is already available, as a means of cell phones and Internet-based devices. The development of technology has provided much convenience in conducting financial transactions in the banking system. On The other hand, technology has also opened up business opportinities for the non-bank intitutions to compete in one another in offering financial products that subsitute products/banking services through a service that is better know financial technology (fintech), which their sevices is more easy, cheap, and fast. Bank BRI as an institution working in the field of banking services required to follow the flow of the ongoing digitalization. In accordance with the expression of the banks follow the business, Bank BRI become a party to enjoy the wave of the digital economy by launching a range of innovative digital technology based banking.

Kata Kunci : Teknologi, Inovasi, Efisiensi

  1. S2-2017-343623-abstract.pdf  
  2. S2-2017-343623-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-343623-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-343623-title.pdf