Laporkan Masalah

Interpretasi Hermeneutika Meme Internet Commawiki sebagai Kreativitas Bahasa dan Interaksi Komunikasi dalam Budaya Digital

TOMMY, Novi Kurnia, M.Si., M.A., Ph.D; Budhy K. Zaman, M.Si

2017 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

Internet sebagai wujud mutakhir dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menghasilkan beragam perilaku dan medium komunikasi, sebagaimana perwujudannya atas konvergensi media. Ragam perilaku dalam interaksi komunikasi tersebut menghasilkan salah satu produk kultural secara digital yang disebut dengan meme. Meme banyak dilihat sebagai unit-unit digital berupa visual dan verbal secara bersamaan, baik itu berupa gambar diam maupun animasi atau video. Sebagaimana komunikasi, bahasa berperan sebagai medium paling vital yang mengantarkan interaksi tersebut. Dalam unsur verbal yang digunakan meme, bahasa mengalami kreativitasnya yang berubah-ubah sejalan dengan akumulasi pengalaman dalam interaksi tersebut. Penelitian ini mengkaji kreativitas bahasa (emotikon dan abreviasi) dan interaksi komunikasi tersebut dalam metode hermeneutika sebagai bentuk pemahaman dan keberadaan unit-unit meme tersebut dalam Internet. Hermeneutika dalam penelitian ini merujuk pada pemikiran Heidegger yang berakar pada tradisi fenomenologi dimana memahami (Verstehen) dan interpretasi (Auslegung) bekerja bersamaan sebagai wujud keberadaan pemahaman (Dasein) tersebut. Temuan penelitian ini menghasilkan beberapa hal, seperti kedua entitas memiliki kesamaan pada demografi global, kemudian kedua entitas tersebut sama-sama mengalami perkembangannya pada ruang virtual atau Internet, dan kesadaran pengguna dalam menyikapi kedua entitas tersebut dalam interaksi komunikasi dan kreativitas bahasa merujuk pada ilmu komunikasi yang melihat dari kerangka pikiran dan pengalaman manusia.

The Internet as a form of cutting edge in the development of information and communication technology to produce a variety of behavioral and communication medium, as manifested on media convergence. Variety behavior in the communication interaction produces one digital cultural product called memes. Meme saw as units of the digital form of visual and verbal simultaneously, either in the form of still images or animation or video. As communication, language serves as the most vital medium that delivers these interactions. In the verbal element used memes, language experience creativity changing in line with the experience accumulated in these interactions. This study examines the creativity of language (emoticons and abbreviation) communication and interaction in the methods of hermeneutics as a form of understanding and the presence of such units in the Internet meme. Hermeneutics in this study refers to Heidegger's thought is rooted in the tradition of phenomenology where understand (Verstehen) and interpretation (Auslegung) work together as a manifestation of the existence of understanding (Dasein) is. The findings of this study resulted in some things, like the two entities had similar global demographic, then the two entities equally experienced development in the virtual space or the Internet, and user awareness in addressing the two entities in the interaction of communication and creativity of language refers to the science communication viewed from the frame of mind and human experience.

Kata Kunci : Meme Internet, Hermeneutika, Budaya Digital, Komunikasi

  1. S2-2017-355819-abstract.pdf  
  2. S2-2017-355819-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-355819-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-355819-title.pdf