INFRASTRUKTUR JALAN PENUNJANG PERKEMBANGAN KOTA SAMARINDA
MUHAMMAD DZAUDAN SANI, Dr. Luthfi Muta'ali, S.Si, M.T
2017 | Skripsi | S1 PEMBANGUNAN WILAYAHPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola persebaran dan penyebab kerusakan jalan di Kabupaten kota Samarinda, kemacetan lalu lintas berdasarkan daya dukung jalan, dan kaitan antara kerusakan jalan dan kemacetan lalu lintas di jalan Kabupaten kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode survei. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan sensus. Sampel penelitian adalah seluruh jalan yang terdapat pada jalan Kabupaten di Kota Samarinda sebanyak 84 jalan. Analisis yang dilakukan secara deskriptif berdasar pengamatan peneliti secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola persebaran kerusakan jalan terbagi menjadi tiga macam kerusakan yang ditinjau dari jenis kerusakan jalan, elemen kerusakan jalan, dan tingkat kerusakan jalan. DIketahui kerusakan yang terjadi persebarannya merata disetiap wilayah Kota Samarinda dan kebanyakan terjadi karna faktor iklim dan cuaca serta pengawasan yang kurang dalam kualitas jalan. Kemacetan yang terjadi persebarannya juga cukup merata, kebanyakan terjadi dijalur penguhubung antara pusat kota dan peri urban serta di daerah yang memang dari dulu menjadi pusat keramaian, meningkatnya taraf hidup masyarakat menjadi salah satu pendorong kemacetan terjadi semakin sering. Infrastruktur yang relatif tetap dan tidak bertambah tidak dibarengi dengan jumlah kendaraan yang meningkat setiap tahunnya. Kemacetan dan kerusakan yang terjadi di Kota Samarinda memiliki hubungan satu dengan lain, hal ini menunjukan kualitas jalan yang baik akan berpengaruh terhadap pelayanan jalan tersebut. Kata kunci: Infrastruktur Jalan, Kota Samarinda
This study aims to determine the distribution pattern and cause damage to roads in the district of Samarinda city, traffic congestion based on the carrying capacity of the road, and the link between damage to roads and traffic jams in the city of Samarinda district roads. This study used a survey method. Data were collected by using observation and documentation. Sampling using census. The samples were all over the road contained on district roads in the city of Samarinda many as 84 roads. Descriptive analysis conducted based on direct observations of researchers. The results showed that the distribution pattern of road damage is divided into three kinds of damage in terms of the type of damage to roads, elements of road damage, and the level of damage to roads. Known the damage that occurs in every region of Samarinda evenly spread and mostly occur because of climatic factors and weather and lacking of quality controling of the roads. Congestion happens spreading is prevalent, most happening belt of liaison between the city center and suburban as well as in areas that are used to be the center of the crowd, rising standards of living become one of the drivers of congestion occurs more frequently. Infrastructure is relatively fixed and do not increase is not accompanied by the number of vehicles is increasing every year. Jams and damage in the city of Samarinda have relations with one another, this shows a good quality of roads will affect the service road
Kata Kunci : Infrastruktur, Jalan , Kota Samarinda