Pemasaran Hasil Perikanan Tangkap di Tempat Pelelangan Ikan Pasir Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen
CAHYO WIBOWO, Suadi, S.Pi., M.Agr.Sc., Ph.D; Ir. Supardjo S.D., S.U.
2017 | Skripsi | S1 MANAJEMEN SUMBER DAYA PERIKANANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran; menganalisis margin pemasaran; dan mengetahui struktur pasar di TPI Pasir Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Penelitian menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode snow ball sampling sehingga terpilih 34 responden nelayan dan seluruh pedagang di TPI Pasir yang berjumlah 10 pedagang. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juni 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang terbentuk di TPI Pasir terdiri dari nelayan-TPI-pedagang besar-pengumpul dan nelayan-lelang-pedagang kecil-konsumen akhir. Margin rata-rata nelayan dengan pedagang sebesar Rp332.307,1 per nelayan. Nilai margin pada pedagang besar tertinggi yaitu Rp67.051,55 per kg jenis ikan bawal putih dengan jumlah produksi 111,7 kg dan terendah untuk nilai margin pedagang besar yaitu Rp375 per kg dengan jumlah produksi 0,7 kg untuk jenis ikan tengiri. Nilai margin pada tingkat pedagang kecil tertinggi yaitu Rp12.125 per kg untuk jenis ikan tengiri dengan jumlah produksi 0,9 kg dan nilai margin terendah adalah jenis ikan lea yaitu Rp428,81 per kg dengan jumlah produksi 91,5 kg. Struktur pasar yang terbentuk di TPI Pasir yaitu pasar oligopoli dimana pedagang besar lebih dominan menguasai pasar dibandingkan pedagang kecil.
The research has purpose to identify marketing channel; analyze the marketing margin; and understand market structure at Pasir Fish Auction, Sub-district of Ayah, Kebumen Regency. The research used survey method namely the sample was taken with snow ball sampling method therefore 34 respondents of fishermen and all traders in the fish auction which is 10 traders. The research was conducted in April-June 2016. The result showed that marketing channel at Pasir Fish Auction consists of fishers-fish auction-fish whole trader-the middlemen and fishers-fish auction-retailers-consumers. The average margin of the fishermen to the trader was IDR 332.307,1 part of fishermen. The highest margin value of wholesaler was IDR 67,051.55 part of kg with total production was 111.7 kg of white pomfret and the lowest margin of wholesaler was IDR 375 part of kg with total production was 0.7 kg of barred fish. The highest margin value of retailer was IDR 12,125 part of kg with total production was of barred fish while the lowest was IDR 428.81 part of kg with 91.5 kg of lea fish. The market structure at Pasir Fish Auction is oligopoly which the wholesaler was more dominant in the market rather than the retailer, eventhough the number of the whole saler was smaller than retailer.
Kata Kunci : margin, nelayan, saluran pemasaran, struktur pasar, TPI Pasir Kebumen/margin, fishers, marketing chanel, market structure, Pasir fish auction at Kebumen Regaency.