Laporkan Masalah

Program Peer Education untuk Menurunkan Stigma HIV/AIDS pada Guru Taman Kanak-Kanak

CITRA MARHAN, Prof. Dr. Sofia Retnowati, M.S

2016 | Tesis | S2 Psikologi

Penolakan terhadap ODHA merupakan Stigma HIV/AIDS yang berdampak pada hambatan terhadap pencegahan penularan HIV/AIDS dan penurunan kualitas hidup ODHA. Stigma HIV/AIDS terjadi disebabkan kurangnya pengetahuan terkait HIV/AIDS. Program peer education merupakan media komunikasi, informasi dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan HIV/AIDS yang berdampak pada penurunan stigma HIV/AIDS. Program peer education melatih guru Taman Kanak-kanak sebagai peer educator untuk menyampaikan informasi dan edukasi HIV/AIDS kepada rekan sebaya (rekan sesama guru) melalui grup diskusi sebaya. Program peer education mengacu pada Teori Pembelajaran Sosial yang dikemukakan oleh Bandura (1997). Tujuan dari penelitian ini adalah menguji secara empiris adanya perbedaan pengetahuan dan stigma HIV/AIDS sebelum dan sesudah program peer education kepada guru Taman Kanak-kanak. Penelitian ini melibatkan 25 subjek guru, terdiri dari 4 orang pendidik sebaya (peer educator) dan 21 rekan sebaya, dengan menggunakan rancangan eksperimen quasi nonrandomized one group pretest-posttest design. Hasil analisis data menggunakan analisis statistik Wilcoxon signed ranks test menemukan bahwa tahapan pelatihan bagi peer educator menunjukkan skor pengetahuan HIV/AIDS sebesar 0.027 (p < 0,05), dan stigma HIV/AIDS sebesar 0,028 (p < 0,05). Tahapan grup diskusi sebaya menunjukkan skor pengetahuan HIV/AIDS sebesar 0,000 (p < 0,05) dan stigma HIV/AIDS sebesar 0,000 (p < 0,05). Perbedaan mean pada tahapan pelatihan peer educator menemukan pretest pengetahuan HIV/AIDS sebesar 18,83 dan posttest pengetahuan HIV/AIDS sebesar 29,67, adapun pretest stigma HIV/AIDS sebesar 62,67, dan posttest stigma HIV/AIDS sebesar 32,83. Perbedaan mean pada tahapan grup diskusi sebaya menemukan pretest pengetahuan HIV/AIDS sebesar 19,05 dan posttest pengetahuan HIV/AIDS sebesar 29,81, adapun pretest stigma HIV/AIDS sebesar 61,57, dan posttest stigma HIV/AIDS sebesar 35,62. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah intervensi, serta adanya pengaruh peningkatan pengetahuan HIV/AIDS terhadap penurunan stigma HIV/AIDS.

Rejection against people living with HIV/AIDS is a form HIV/AIDS stigma which results in an obstacle of preventing HIV/AIDS infection and the decrease of quality of live for the people living with HIV/AIDS. Stigma of HIH/AIDS occurs due to the lack of knowledge on HIV/AIDS. Peer education program functions as a media of communication, information and education to improve knowledge on HIV/AIDS which hopefully may reducing HIV/AIDS stigma. This program trains the kindergarten teachers as peer educators to deliver information and education on HIV/AIDS to their peers (fellow teachers) through peer discussion groups. This research is aimed to empirically test the difference of knowledge and HIV/AIDS stigma before and after applying peer education to kindergarten teachers. This research involved 25 teachers, consisting of 4 peer educators and 21 peers. The experiment design applied is quasi non-randomized one group pretest-post-test design. The result of data analysis using statistic analysis of Wilcoxon signed ranks test reveals that training stage for peer educators shows that score of knowledge on HIV/AIDS was 0,027 (p < 0,05), and score of HIV/AIDS stigma was 0,028 (p < 0,05). While peer discussion group shows that score the knowledge on HIV/AIDS was 0,000 (p < 0,05) and HIV/AIDS stigma was 0,000 (p < 0,05). The mean difference at the training stage of peer educators showed that pretest of the knowledge on HIV/AIDS was 18,83 and post-test of the knowledge on HIV/AIDS was 29,67, while pretest of the HIV/AIDS stigma was 62,67, and post-test of the HIV/AIDS stigma was 32,83. The mean difference at the stage of peer discussion group showed that pre-test of the knowledge on HIV/AIDS was 19.05 and post-test of the knowledge on HIV/AIDS was 29,81, while pretest of the HIV/AIDS stigma was 61,57, and post-test of the HIV/AIDS stigma was 35.62. Based on this result, conclusion that there was a significant different before and after intervention, and there was an increased knowledge on HIV/AIDS towards the decrease of HIV/AIDS stigma.

Kata Kunci : Peer Education, Pengetahuan HIV/AIDS, Stigma HIV/AIDS

  1. S2-2016-359457-abstract.pdf  
  2. S2-2016-359457-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-359457-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-359457-title.pdf