ANALISIS STRATEGI AKUISISI: KASUS PADA MAYBANK BHD TERHADAP PT BANK INTERNATIONAL INDONESIA TBK
RACHMAT JUNAWAN S., ERTAMBANG NAHARTYO, Dr.,M.Sc.,CMA.,Ak.,CA
2016 | Tesis | S2 ManajemenABSTRAK Akuisisi adalah strategi pengembangan usaha yang paling cepat. Namun dibalik itu terdapat perangkap besar yang menanti dalam pelaksanaan strategi tersebut. Harga dan nilai akuisisi harus dibayarkan di depan meskipun pembeli (acquirer) tidak memiliki kepastian dalam mendapatkan benefit atau keuntungan. Maybank Bhd melakukan ekspansi usaha ke Indonesia di tahun 2008 menggunakan strategi akuisisi. Melalui pembelian saham mayoritas Bank International Indonesia (BII) dari Temasek grup dengan nilai akuisisi yang besar yang menjadi rekor perbankan di Indonesia, Maybank Bhd resmi menjadi pemilik dari BII. Berdasarkan penelitian melalui wawancara didapatkan hasil bahwa alasan melakukan ekspansi melalui strategi akuisisi adalah karena pertimbangan pengalaman yang dimiliki dan efektivitas dari strategi itu yang selaras dengan visi dan misi Maybank Bhd di Indonesia. Selain itu berdasarkan penelitian didapatkan informasi bahwa Maybank Bhd berhasil membawa dan mempertahankan BII pada kategori bank sehat pasca dilakukannya proses akuisisi di tahun 2008 dan setelah Maybank Bhd menjual kembali saham ke publik sesuai dengan aturan regulator di tahun 2013. Hasil penelitian lainnya melalui metode wawancara dan kuesioner adalah akuisisi berdampak terhadap organisasi perusahaan BII dan perangkat di dalamnya seperti struktur, visi, misi, nilai dan kebijakan organisasi. Perubahan pada organisasi dan perangkatnya ini secara langsung berdampak kepada kinerja karyawan. Kata kunci: Akuisisi, CAMEL, kinerja karyawan
ABSTRACT Acquisition is the fastest business development strategy. However, behind that lies a big trap awaiting in the execution of such strategy. Price and value of the acquisition must be paid in advance during the purchase of the acquiree although acquirer has no certainty in gaining benefit and profit. Maybank Bhd carried out a business expansion to Indonesia in the year 2008 utilizing the strategy of acquisitions. Through the purchase of the majority shares of Bank International Indonesia (BII) from Temasek group with an enormous value which becomes the banking record in Indonesia, Maybank Bhd officially becomes the owner of BII. Based on research through interview, an information is collected that reason for carrying out expansion through the strategy of acquisition is for the consideration of existing experiences and effectiveness of such strategy which is in line with the vision, mission , and aims of Maybank Bhd in Indonesia. In addition, based on research an information is collected that Maybank Bhd has successfully carried and maintained BII in the category of healthy bank post the acquisition process in 2008 and after Maybank Bhd sell back shares to public in accordance with the regulation of a regulatory body in 2013. The other result of research is the effect of acquisitions to BII company organization and the tools inside such vision, mission, value and organizational policies. The changes to the organization and its tools have directly impacted to the performance of the employees. Keywords: Acquisition, CAMEL, employee performance
Kata Kunci : Akuisisi, CAMEL, kinerja karyawan