Laporkan Masalah

Validitas Prediktif Modul Psikoedukasi "KARSA" untuk Meningkatkan Pengetahuan Orangtua tentang Pendidikan Seksual pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autis

RAHMA KUSUMANDARI, Dr. Ira Paramastri, M.Si., Psikolog

2016 | Tesis | S2 Psikologi Profesi

Terbatasnya informasi mengenai seksualitas pada anak dengan gangguan spektrum autis (GSA) membuat orangtua mengalami kebingungan tentang apa, kapan, dan bagaimana memberikan pendidikan seksual pada anaknya. Orangtua yang memiliki anak-anak dengan GSA ini membutuhkan dukungan profesional yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan validasi pada modul KARSA (Kenali dan Arahkan Seksualitas Anak) yang disusun sebagai upaya meningkatkan pengetahuan orangtua tentang pendidikan seksual bagi anak dengan GSA. Proses validasi modul melalui tahapan pengujian validitas isi dan implementasi modul pada orangtua yang memiliki anak dengan GSA. Validitas isi menggunakan professional judgement melibatkan 7 orang ahli yang memberikan penilaian pada isi modul di setiap sesi. Implementasi modul menggunakan metode eksperimen kuasi the untreated control group design with dependent pretest and postest yang melibatkan 23 subjek yang terbagi menjadi 12 orang di kelompok eksperimen dan 11 orang di kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul KARSA memiliki validitas isi yang baik dengan nilai V berkisar antara 0,78 sampai 0,93 di setiap sesinya. Program KARSA berhasil meningkatkan pengetahuan orangtua tentang pendidikan seksual pada anak dengan GSA dengan nilai z = -3,144; p = 0,002 (p<0,01).

Limited information about sexuality of children with autism spectrum disorders (ASD) makes parents confuse about what, when, and how to educate their children about sexuality. Parents of children with ASD need profesional support to give them proper information. This research aims to validate KARSA( Kenali dan Arahkan Seksualitas Anak) module which is constructed to increase parents knowledge about sexual education of children with ASD. Validating process was done through examining content validity and conducted trial implementation of the module. Content validity of this module was examined through professional judgement involving 7 expert who gave their ratings on each sessions in the module. Trial implementation of KARSA module was conducted with quasi experiment design involving 23 participants, devided to 12 participats in experiment group and 11 participants in control group. Result of this study showed that module KARSA has high content validity with V value range from 0,78 to 0,93 in each session. KARSA programme sucessfully improve parents knowledge about sexual education of children with ASD (z = -3,144; p <0,01).

Kata Kunci : modul KARSA, pendidikan seksual, GSA, psikoedukasi orangtua

  1. S2-2016-357634-abstract.pdf  
  2. S2-2016-357634-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-357634-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-357634-title.pdf