Laporkan Masalah

PENGGUNAAN BAHASA MANDARIN PADA GREETER DALAM DEPARTEMEN FOOD AND BEVERAGE SERVICE HYATT REGENCY YOGYAKARTA

CLARA SILVIANA S, Citra Ayu Novitasari, B.A, M.TCSOL

2016 | Tugas Akhir | D3 BAHASA MANDARIN SV

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan greeter, mengetahui Standar Operasional Prosedur (SOP) greeter, serta mengetahui cara greeter mengaplikasikan bahasa Mandarin kepada wisatawan asing asal Tiongkok dalam departemen food and beverage service di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta. Dalam menyusun Tugas Akhir ini penulis menggunakan beberapa macam metode penelitian diantaranya observasi, metode wawancara, serta bersumber dari studi pustaka. Greeter adalah seseorang yang menyambut tamu pada sebuah hotel atau restoran. Posisi greeter yang berada di pintu masuk restoran menjadikan peran greeter sangat penting karena greeter merupakan kesan pertama tamu saat memasuki sebuah restoran atau hotel, oleh karena itu seorang greeter dituntut untuk menguasai hospitality dan menguasai bahasa asing khususnya bahasa Mandarin agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada tamu asing asal Tiongkok di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta.

The aim of this final paper is to describe about what is Greeter, to observe the Standard Operational Procedure (SOP) about Greeter, and to study how Greeter applied Mandarin language in Food and Beverages Department of Hyatt Regency Yogyakarta to Chinese tourist. In writing this final paper, the writer uses types of method which are direct observation, interview, and also library study. Greeter is a person who is responsible to greet or welcome guest in a hotel or a restaurant. The greeter position which is near the front door make the role of the greeter is very important to give first impression to the guest, so the greeter is should be a person who is an expert in hospitality and foreign language especially Mandarin language in order to give a perfect service to the foreigner guest from China at Hyatt Regency Yogyakarta.

Kata Kunci : Mandarin Language, Greeter, Food and Beverage Service, Hyatt Regency Yogyakarta, Bahasa Mandarin, Greeter, Food and Beverage Service, Hyatt Regency Yogyakarta

  1. D3-2016-351063-abstract.pdf  
  2. D3-2016-351063-bibliography.pdf  
  3. D3-2016-351063-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2016-351063-title.pdf