PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK PROYEKSI KOMPOSISI HERO DAN KEMENANGAN PADA PERTANDINGAN TIM DOTA 2 PROFESIONAL
RAIS MOHAMAD NAJIB, Faizah, S.Kom, M.Kom.
2016 | Skripsi | S1 ILMU KOMPUTERDota 2 merupakan permainan free-to-play yang berjenis Multiplayer Online Battle Arena. Pada DOTA 2, pemain terdiri dari 10 orang yang masing masing memilih 1 hero yang dibagi menjadi dua tim yang bertujuan untuk menghancurkan markas tim Lawan terlebih dahulu. DOTA 2 berkembang menjadi Esports atau Electronic Sport yang sudah memiliki sistem turnamen dan liga. Captain Mode adalah mode standar dalam pertandingan professional. Dimana kedua tim yang bertanding memilih hero untuk dilarang dan dimainkan. Komposisi hero yang dihasilkan digunakan dalam memprediksi kemenangan tim yang bertanding. Algoritma genetika merupakan salah satu soft computing yang sering digunakan dalam melakukan proyeksi. Pada penelitian ini , digunakan algoritma genetika untuk memproyeksi komposisi susunan hero dalam Captain Mode secara optimal. Kemudian dengan menggunakan faktor Track record pertandingan, Track record Head-to-Head , Hero Meta tim, Hero Meta Pemain, Hero Patch dan Hero Pair maka akan diproyeksikan kemenangan dari hasil susunan hero yang dihasilkan. Pengujian Sistem pada penelitian ini akan dilakukan dengan menguji hasil pertandingan tim professional pada turnamen Shanghai Major. Dari hasil pengujian terhadap 10 pertandingan babak final Shangha Major, Tingkat persentase identik komposisi ban hero 12,3.%, tingkat persentase identiik komposisi pick hero 21,2 %, Namun Tingkat akurasi proyeksi mencapai 80%.
DOTA 2 is a free-to-play with genre of Multiplayer Online Battle Arena. On DOTA 2, players consisting of 10 people divided into two teams with object to destroy opponent team’s stronghold. Each player choose one hero,a in game character to play. DOTA 2 became Esport or Electronic Sport which have a tournament and league system. In tournament. There are a special mode called Captain Mode which became standard in professional game. In this mode every captain from every teams will choose heroes to Ban and Pick heroes to play. Heroes draft resulted from Captain Mode will be use to pproject the winner from the match. Genetic algorithm is one method of soft computing are often used in making projections. In this research, the genetic algorithm is used to project the heroes draft in Captain Mode. With factor consist of team track record, head-to-hed track record, team Meta Hero, player Meta Hero, Hero Patch, and Hero Pair will be calculated from heroes draft from genetic algorithm. The result will to project Winner from game. The victory projection from heroes draft will be compared to Official result of professional game in tournament Shanghai Major Finals. From 10 match identically percentage of heroes draft projection for ban is 12,3% and for pick 21,2%. But for Acuracy for victory projection is up to 80%.
Kata Kunci : DOTA 2, Algoritma Genetika, Komposisi hero, hero role, tournamen