RENCANA BISNIS PLATFORM E-COMMERCE WWW.ADVENTURESTOCK.COM
RAJA AGUS LUKASTA, Yulia Arisnani Widyaningsih, MBA, Ph.D
2016 | Tesis | S2 ManajemenBisnis platform e-commerce sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan perkembangan jaman teknologi informatika. Dengan peningkatan jumlah masyarakat ekonomi kelas menengah di Indonesia yang menggunakan smartphone dan mengakses internet untuk keperluan berbelanja daring. Data dari kementerian pariwisata Republik Indonesia menyatakan terjadi peningkatan jumlah wisatawan domestik. Tren generasi muda yang menyukai aktivitas outdoor seperti travelling dan adventuring. Semua peluang tersebut diwujudkan penulis menjadi sebuah rencana bisnis platform e-commerce www.Adventure-Stock.com. Rencana bisnis ini dibuat untuk merumuskan kanvas model bisnis dan strategi-strategi fungsional yang diterapkan platform e-commerce www.Adventure-Stock.com. Metode yang digunakan dalam perumusan rencana bisnis ini adalah dengan menggunakan metode observasi untuk memahami model bisnis platform e-commerce dan toko produk perlengkapan aktivitas outdoor. Metode kelompok diskusi fokus bertujuan untuk memahami karakterisktik pelanggan, dan memperoleh saran tentang platform e-commerce. Penelitian ini dimulai dengan menganalisis lingkungan eksternal dengan menggunakan analisis politik, ekonomi, sosial, teknologi, lingkungan, dan hukum (PESTEL), serta analisis lingkungan internal dengan menggunakan analisis five forces. Selanjutnya dilakukan analisis model bisnis dari Bukalapak.com dan Eiger Adventure Store Yogyakarta. Data dari pengalaman pelanggan digunakan untuk menyusun peta empati. Saran dari peserta FGD digunakan untuk memperbaiki platform e-commerce www.Adventure-Stock.com. Produk yang dihasilkan adalah platform e-commerce www.Adventure-Stock.com yang menjual produk perlengkapan travelling dan adventuring. Hasil dari analisis finansial menunjukkan bahwa bisnis www.Adventure-Stock.com layak untuk dijalankan.
Business e-commerce platform is being developed very rapidly along with the development of information technology. With an increasing number of middle class people in Indonesia, using smartphones and Internet access with data for online shopping purposes. Data from the Ministry of Tourism of the Republic of Indonesia declares an increasing number of domestic tourists. The trend of young people who love outdoor activities such as traveling and adventuring. All these opportunities embodied the author became a business plan e-commerce platform www.Adventure-Stock.com. This business plan was made to formulate a business model canvas and strategies applied functional e-commerce platform www.Adventure-Stock.com. The method used in the formulation of a business plan is to use the method of observation to understand the business model of e-commerce platform and product store fixtures outdoor activities. Method of focus groups aimed at understanding customer characteristics, and get advice on e-commerce platform. This study begins by analyzing the external environment by using analysis of political, economic, social, technological, environmental, and legal (PESTEL), as well as internal environmental analysis by using five forces analysis. Further analysis of the business model Bukalapak.com and Eiger Adventure Store Yogyakarta. Data from customer experience used to construct a map of empathy. Suggestions of FGD is used to improve e-commerce platform www.Adventure-Stock.com. The resulting product is an e-commerce platform www.Adventure-Stock.com that sell products supplies travelling and adventuring. The results of the financial analysis shows that www.Adventure-Stock.com is good business to run.
Kata Kunci : Rencana Bisnis, Model Bisnis, Adventure-Stock/ Business Plan, Business Model, Adventure-Stock