KOMPARASI JASA MEDIS DAN KEPUASAN TEAM OPERASI KASUS OPERASI ELEKTIF PADA PASIEN JAMKESMAS DIBANDINGKAN DENGAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN BALI MANDARA DI RSUD BADUNG
I NYOMAN GUNARTA, Prof. Dr. Laksono Trisnantoro, MSc,Ph.D; DR. Anastasia Susty Ambarriani, Msi, Akt, CA
2016 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatLatar belakang:Sistem pembiayaan kesehatan yang berbeda memberikan dampak jasa medis yang berbeda. Pada pasien Jamkesmas/JKN mengunakan INACBG’s , sedangkan pada pasien Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) menggunakan sistem fee for service. Dua sistem ini kemungkinan memberikan dampak jasa medis dan kepuasan yang berbeda pada pemberi layanan kesehatan,serta kemungkinan perbedaan waktu tungu, lama masa rawat inap (LOS) serta jangka waktu pemberian antiobiotika profilaksis pada pasien bedah elektif. Tujuan:Penelitian bertujuan mengetahuiapakah ada perbedaan jasa medis dan kepuasan yang diterima team operasi pada kasus bedah elektif dan apakah ada perbedaan waktu tunggu, LOS, dan jangka waktu pemberian antibiotika profilaksis pada kedua kelompok pasien tersebut, Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Data sekunder tentang waktu tunggu, LOS dan jangka waktu pemberian antibiotika profilaksis dan jasa medis diambil dari catatan medis 100 sample pasien bedah elektif yang masuk kriteria inklusi dan dibagi dalam dua kelompok. Data kepuasan team operasi didapatkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 16 orang dokter spesialis dan 25 orang perawat yang bekerja di kamar operasi, yang kemudian diperkuat dengan melaksanakan wawancara mendalam pada responden yang dipilih secara purposive sampling. Hasil:Pada penelitian ini ditemukan ada perbedaan jasa medis diterima pada pasien dengan Jamkesmas dibandingkan pasien JKBM pada tahun 2013 dan 2014 dan pada kelompok pasien dengan Jamkesmas/JKN pada tahun 2013 dibandingkan dengan tahun 2014. Tidak ada perbedaan bermakna pada mutu pelayanan,kecuali pada tindakan tubektomi (p<0,05) dalam hal jangka waktu pemberian antibiotika profilaksis. Tidak ada perbedaan bermakna (p<0,05) kepuasan team operasi terhadap kedua sistem pembiayaan. Kesimpulandan Saran:Penelitian ini menemukan perbedaan jasa medis pada kedua kelompok ditahun 2013 dan antara jasa medis Jamkesmas/JKN tahun tahun 2013 dengan tahun 2014.. Tidak ada perbedaan bermakna kepuasan team operasi dan mutu pelayanan kecuali pada jangka waktu pemberian antibiotika profilaksis pada pasien tubektomi.Perlu peningkatan transparansi jasa medis di RSUD Badung.
Background : Different healthcare financing system gives different impact of payment method for medical services. In Jamkesmas/JKN patients, INACBG's system applied whereas in Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) patients, used fee for service system. Two different financing system tends different medical services impact and satisfaction , tends provide a different implications on the waiting time, the period of hospitalization/length of stay (LOS) as well as the time of giving the prophylaxis antibiotic in elective surgery patients. Objective: The research aims are to find out if there is a difference of medical services and satisfaction received by surgery team in case of elective surgery patients and is there any difference in waiting time, LOS, and period of giving prophylaxis antibiotic in both groups of patients. Methods: This research is a descriptive quantitative research with cross sectional design. Secondary data on waiting times, LOS and period of giving prophylaxis antibiotic and medical services which are taken from 100 sample of elective surgery patient's medical records those are in criteria of inclusion and divided in two groups.The surgical team satisfaction data obtained by disseminating a questionnaire to 16 the specialist doctors and 25 nurses working in the operating room, which are then amplified by carrying out in-depth interviews on the respondents selected by purposive sampling. Results: In this study found there is difference of medical services received by patients with Jamkesmas/JKN compared to patients with JKBM in 2013 and in 2014, and in Jamkesmas/JKN groups between 2013 and 2014. Generally, there is not any significant differences in medical services, no difference found in terms of the quality of services , only in tubektomi found significant different (p<0,05) of period of giving prophylaxis antibiotics In this study no found meaningfull difference of surgical team satisfaction n both types of financing. Conclusions and suggestions: This study found there is difference both medical services group in 2013 and in 2014 and in Jamkesma/JKN groups between in 2013 and in 2014 . No significant difference found in surgical team’s satisfaction and terms of the quality of services except period of giving prophylaxis antibiotic in tubectomy patient.In two groups of patients. The management needs to do improvement of transparency in the payment system of medical services.
Kata Kunci : Jasa medis, Jamkesmas, JKBM, waktu tunggu, LOS, jangka waktu pemberian antibiotika profilaksis, kepuasan team operasi