Pengembangan Instrumen Skrining Anak Cerdas Istimewa
NUR AKMAL, Prof. Dr. Saifuddin Azwar, M.A
2016 | Tesis | S2 PsikologiPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen skrining anak cerdas istimewa nominasi penilaian guru terhadap anak usia dini. Penelitian ini mengacu pada konstruksi dasar behavioral characteristics rating scale of kindergarten gifted children yang dipadukan dengan elemen overexcitabilities yang merupakan dasar dari Teori Disintegrasi Positif (TPD). Penelitian ini dilakukan di 35 TK dan Playgroup yang berada dikota Yogyakarta dengan jumlah subjek sebanyak 334 berusia 3 hingga 6 tahun. Hasil dari analisis faktor konfirmatori (CFA) menghasilkan nilai indeks goodness of fit dari RMSEA sebesar 0,07, CFI sebesar 0,92, dan TLI sebesar 0,91. Hal tersebut menunjukkan instrumen yang dikembangkan terdiri dari dimensi kognitif, psikomotorik, sensual, imajinasi, emosional dan motivasi memiliki model yang cocok untuk digunakan. Adapun hasil Penelitian menunjukkan indeks reliabilitas yang memuaskan baik untuk masing masing dimensi ataupun reliabilitas secara keseluruhan. Koefisien reliabilitas masing masing dimensi berkisar dari 0,85 hingga 0, 93, dan koefisien reliabilitas komposit sebesar 0,98.
This study is aimed to develop gifted children screening instrument which is measured by teacher for kindergaten. This research pointed on the basic construction behavioral characteristic rating scale of kindergaten gifted children which is elaborated with overexcitabilities as basic theory of positive disintegration. The implementation of this research was in 35 kindergatens and playgroups in Yogyakarta, the total of research subject is 334 students in the range of age 3 to 6 years old. The result of confirmatory factor analysis is 0,07 as the goodness of fit index score from RMSEA, 0,92 as CFI and 0.91 as TLI. It showed that the development of instrument consisted of dimension of cognitive, psychomotoric, sensual, imajination, emotional, and motivation as appropriate model to be used. The index of reseach result showed that the satisfied reliability in each dimension or composit reliabilities. coefficient of the reabilities in each dimension was about 0.85 to 0.93 and coefficient the reliability of composite is 0.98.
Kata Kunci : Screening Instrument, Kindergarten Gifted Children