Laporkan Masalah

HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN KECENDERUNGAN SOMATISASI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

ILLIYANI RAHAJENG, Fauzan Heru Santhoso, Drs., M.Si.

2016 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Mahasiswa tingkat akhir merupakan mahasiswa dengan tahap perkembangan dewasa awal. Pada tahap ini kondisi mahasiswa mengalami perkembangan kognitif sangat baik dan menunjukkan adaptasi yang baik pula (Santrock, 2002). Fakta dilapangan yang ditemukan peneliti menunjukkan bahwa tidak sedikit mahasiswa tingkat akhir yang tidak mampu melakukan adaptasi atau penyesuaian diri dengan baik, sehingga menyebabkan perubahan pada perilaku, kognitif, fisiologis, dan psikologis. Penulisan ini bertujuan untukmengetahuihubungan antara stres akademikdengan kecenderungan somatisasi. Subjek pada penulisan ini yakni mahasiswa tingkat akhir angkatan 2012 yang sedang mengerjakan skripsi atau tugas akhir pada Universitas X di Yogyakarta yang berjumlah 102. Metode yang digunakan dalam penulisan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan skala kecenderungan somatisasi Adult Somatization Inventori (A.S.I) dari Garber & Walker (1991) dan skala stres akademik yang disusun oleh penulis. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara stres akademik dengan kecenderungan somatisasi (r = 0,469 dengan p= 0,000, p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan hipotesis dalam penelitian diterima. Temuan lain didalam penelitian yakni stres akademik dan kecenderungan somatisasi yang dialami berada pada tingkat sedang. Analisis tambahan ditinjau berdasarkan jenis kelamin and sebaran aspek.

Final year student is known as early adulthood stage. This stage has rapid cognitive growth and adaptation performance (Santrock, 2002). Reality on the ground discovered by researcher showed that there are some final year students who are not able to adapt well, and it causesa physical, psychological, cognitive, and behavior changes. This study is aimed to examine the relationship between stress academic and somatization among final year student. Subjects involved in this study were 102 final year students 2012. The method from this study is quantitative research by using Adult Somatization Inventory (A.S.I) scale from Garber & Walker (1991) and academic stress scale by researcher. The data were analyzed by using Product Moment from Karl Pearson. The result showed that there is a significant relationship between academic stress and somatization among final year student (r = 0,469 with p= 0,000, p < 0,01). The result proved that hypothesis was accepted.Another conclusion of this study is the stress academic and somatization at the medium category. Additional analyze review from gender and distribution aspects.

Kata Kunci : final year student, academic stress, somatization.

  1. S1-2016-329440-abstract.pdf  
  2. S1-2016-329440-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-329440-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-329440-title.pdf