Laporkan Masalah

PROMO SEAFOOD FIESTA DI HOTEL THE 1O1 YOGYAKARTA TUGU

ILHAM WAHYUDI, Handayani Rahayuingsih, S.S., M.Sc.

2016 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SV

Seafood Fiesta merupakan promo yang diadakan oleh Hotel The 1O1 Yogyakarta Tugu setiap hari Sabtu Malam, yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan Departemen Food and Beverage Service, serta untuk menarik perhatian tamu dari luar hotel. Hal yang menarik dan membuat beda promo Seafood Fiesta ini dengan promo-promo yang lain yang ada di Hotel The 1O1 Yogyakarta Tugu yaitu, tamu dapat memilih aneka makanan laut yang masih segar untuk dimasak sesuai keinginan tamu. Tujuan tugas akhir ini untuk mengetahui produk apa saja yang ditawarakan dan kendala dalam pelaksanaan promo Seafood Fiesta yang diadakan di hotel The 1O1 Yogyakarata Tugu. Dalam penulisan laporan tugas akhir ini penulis menggunakan metode penelitian melalui teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan dikelompokkan berdasarkan permasalahan penelitian yang ada. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui produk dari promo Seafood Fiesta adalah makanan laut, menu menggunakan buffet, dan live music. Dalam pelaksanaan promo tersebut terdapat juga kendala yang dihadapi, seperti kurang memanfaatkan media sosial sebagai jalan untuk berpromosi, penyebaran brosur yang kurang aktif, tingkat kunjungan konsumen yang rendah, tidak adanya kerjasama dengan komunitas kuliner, serta kurangnya peminat makanan laut.

Seafood Fiesta is a promo event held by The 1O1 Yogyakarta Tugu Hotel every Saturday Night. It's aim is to increase the revenue of Food and Beverage Servicen Department, as well as to attract guests from outside the hotel. The interesting thing of this event is guests can choose a variety of fresh seafood to be cooked according to guest request. The purposes of this research are to find out the products offered and the obstacles of promo Seafood Fiesta held at The 1O1 Yogyakarata monument. In this final report, author used data collection techniques: observation, interviews, documentary, and literature study. Based on the research that has been done, known products of promo Seafood Fiesta is seafood, using buffet service and live music. This promo also faced some obstacles, such as lack of utilizing social media as promotion tool, distribution of brochures that are less active, low consumer traffic level, a lack of cooperation with the culinary community, as well as a lack of interest in seafood.

Kata Kunci : departemen food & beverage, promo, kuliner

  1. D3-2016-345027-abstract.pdf  
  2. D3-2016-345027-bibliography.pdf  
  3. D3-2016-345027-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2016-345027-title.pdf