Pengelolaan Dokumen Kredit di Sub Bagian Administrasi Kredit Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bank Bantul (PD. BPR Bank Bantul)
WIDA SANGGANINGRUM N, Waluyo, S.S., M.Hum.
2016 | Tugas Akhir | D3 KEARSIPAN SVLaporan tugas akhir ini menjelaskan tentang Pengelolaan Dokumen Kredit di Sub Bagian Administrasi Kredit Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bank Bantul (PD. BPR Bank Bantul). Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan dokumen kredit. Proses pengelolaan dokumen kredit di PD. BPR Bank Bantul dimulai dari tahap penciptaan, penggunaan dan pengelolaan, dan penyusutan. Dalam penyusunan laporan tugas akhir penulis menggunakan 3 metode pengumpulan data yakni observasi partisipasi, wawancara, dan studi pustaka. Observasi partisipatori adalah penulis mengamati dan mempraktikkan langsung suatu kegiatan yang berhubungan dengan judul penelitian. Wawancara adalah dialog yang dilakukan dengan sumber primer secara tatap mata. Studi pustaka adalah pembelajaran dengan mengumpulkan data baik dari bahan pustaka maupun literatur ilmiah lain yang berhubungan dengan tema yang penulis pilih. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa pengelolaan dokumen kredit di Sub Bagian Administrasi Kredit PD. BPR Bank Bantul sudah berjalan cukup baik. Hal itu dibuktikan dengan adanya pengelolaan dokumen dan filing system yang telah berjalan dengan sistimatis, sehingga memudahkan penemuan kembali. Berkas permohonan kredit tercipta dari awal pengajuan kredit oleh calon debitur hingga kredit lunas. Pada tahap penyimpanan dibedakan antara berkas permohonan kredit dengan agunan. Pada tahap penyusutan PD. BPR Bank Bantul telah melaksanan pemindahan dari unit pengolah ke record center serta penyerahan ke Kantor Arsip Daerah Bantul. Namun belum pernah dilaksanakan pemusnahan. Kendala yang sedang dihadapi PD. BPR Bank Bantul dalam pengelolaan dokumen kredit adalah kurangnya pegawai, kurangnya luas ruang simpan dokumen, kebutuhan pembaharuan sistim kearsipan perusahaan, serta kebutuhan jadwal retensi.
The final report describes records management of loan records in Sub Division of Credit Administration Regional Rural Bank Company Bank Bantul (PD. BPR Bank Bantul). This final report aims to determine the credit records management processes. The process of managing credit records in PD. BPR Bank Bantul starting from the stage of creation, use and maintenance, and depreciation. In preparing the final report authors use three methods of data collection that are participatory observation, interviews, and literature. Participatory observation is the author went to observe and practice an activity related to the title of the research. The interview is a dialogue conducted with the primary sources of face-to-eye. A literature study is the study by collecting data from various sources, both of library books and other scientific literature related to the theme that the author chose. The conclusion that can be drawn from the this study that the loan records management in Subsection of Credit Administration PD. BPR Bank Bantul has been running well enough. This was evidenced by the existence of management and filing system that has been working systematically, making it easier for rediscovery. Files created from the beginning of the credit agreement by the debtor credit application until the end of the loan. On stage to distinguish between file storage secured loan agreement. In stage of the depreciation PD. BPR Bank Bantul has been implementing the removal from the Processing Unit to record center as well as submission to the Kantor Arsip Daerah Bantul. But the destruction has not been implemented. Obstacles being faced PD. BPR Bank Bantul in the management of loan records are a lack of human resources or employee, lack of storage save record, need for renewal of archival systems company, and need of record retention.
Kata Kunci : Pengelolaan, Dokumen Kredit