Laporkan Masalah

PROSES OPERASIONAL SISTEM ALTEA RESERVATION DALAM PENERBANGAN DOMESTIK GARUDA INDONESIA DI PT. DWIDAYA WORLD WIDE CABANG BALI

TANTI PANITA SARI, Elisa Dwi rohani S.E.,M.Sc

2016 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SV

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana prosedur penggunaan sistem Altea dalam reservasi dan ticketing di PT. Dwidaya World Wide cabang Bali, karena sistem pemesanan tiket pesawat pada suatu maskapai penerbangan sangat diperlukan guna efisien dan efektifitas maskapai penerbangan tersebut. Dalam sistem pemesanan pesawat ini mencakup segala informasi mengenai jadwal penerbangan, pemesanan tiket pesawat, data penumpang pesawat, biaya tiket pesawat dan informasi-informasi lain. Dengan terus berkembangnya teknologi internet, web menjadi suatu alat bantu yang tidak hanya mampu menyediakan informasi, tetapi juga mampu untuk mengolah informasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini adalah observasi langsung, wawancara dan studi pustaka, data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa sistem Altea Reservation dalam proses reservasi dan ticketing yang menggunakan sistem online dengan menggunakan website Dwidaya Tour Sistem (DTS) yang terhubung ke Centralize untuk membantu proses issued tiket dan dengan menggunakan rumus atau mandatory yang sudah ditetapkan PT. Garuda Indonesia, bila reservasi sesuai, maka pengerjaan selanjutnya atau pembuatan tiket akan berjalan dengan baik sehingga tidak akan muncul masalah. Kata kunci : Reservasi, sistem Altea, Centralized

The purpose of the study to determine how to use of the procedure in the reservation system and ticketing Altea in PT. Dwidaya World Wide Bali branch, as air ticket booking system on an airline is indispensable to efficient and effective airline. In flight reservation system contains all the information on flight schedules, booking air tickets, air passenger data, the cost of air tickets and other information. With the continuous development of internet technology, the web becomes a tool that not only provide information, but also able to process information. Data collection methods used in this research is the direct observation, interviews, and literature, the data obtained was processed using descriptive qualitative method. From the research results show that the Altea Reservation system in the process of reservation and ticketing system that uses online by using the website Dwidaya Tour System (DTS) connected to Centralize to assist the process and the ticket issued by using a formula or a predefined mandatory PT. Garuda Indonesia, where appropriate reservation, then the subsequent processing or manufacturing of the tickets will go well so that no there would be trouble. Keywords: Reservation, Altea System, Centralized

Kata Kunci : Reservasi, sistem Altea, Centralized

  1. D3-2016-351465-abstract.pdf  
  2. D3-2016-351465-bibliography.pdf  
  3. D3-2016-351465-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2016-351465-title.pdf