Analisa strategi bersaing PT Asuransi Jasa Indonesia (2002-2006) dalam industri asuransi kerugian bisnis korporasi
RIDWAN, Mochamad Fauzi, Harsono, Dr.,M.Sc
2010 | Tesis | S2 Magister ManajemenPersaingan perusahaan asuransi dalam pengumpulan prerni di bisnis korporasi sangat ketat. Untuk mampu bersaing dan mendapatkan tempat di pasar maka perusahaan asuransi harus mampu menganalisa pangsa pasar dan para pemain yang ada. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi pada persaingan tersebut agar perusahaan tetap tumbuh dan berkembang. Penelitian ini berupaya menganalisis faktor eksternal, lingkungan industri serta daya saing internal untuk mengetahui kondisi persaingan yang ada serta menyusun dan merencanakan alternatif strategi bersaingnya. Hal tersebut diatas yang menjadi Jatar belakang penulisan tesis ini. Penelitian tesis dilakukan dengan melakukan wawancara kepada kepala kantor cabang dan kepala divisi sebagai responden serta menganalisis data sekunder. Teori Porter's Five Forces digunakan dalam melakukan analisis eksternal serta analisis lingkungan industri. sedangkan faktor kunci kapabilitas, sumber daya, dan kompetensi inti digunakan dalam melakukan analisis internal. Hasil analisis tersebut diatas menjadi basis untuk menjawab pertanyaan penelitian mengenai bagaimana kondisi yang dihadapi oleh PT. Asuransi Jasa Indonesia dalam persaingan industri asuransi kerugian di Indonesia pada bi snis korporasi. Selanjutnya, untuk menjawab pertanyaan penelitian mengenai altematif strategi yang dapat diambil oleh PT. Asuransi Jasa Indonesia untuk menjadi unggul dalam persaingan disamping strategi perusahaan yang tengah dijalankan, maka dilakukan analisis SWOT untuk mengidentifikasi terhadap sumber daya serta kemampuan yang dirniliki oleh perusahaan. Dari hasil analisis SWOT dibuat table IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Factor Analysis Summary) untuk mendapatkan arahan-arahan strategis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa walaupun Asuransi Jasa Indonesia secara umum mernil iki pertumbuhan kinerja diatas industri, namun demikian keuhggulan bersaingnya masih relatif lemah. Beberapa kelbmahan mendasar yang masih menjadi permasalahan utama tampaknya belum dapat segera dicarikan solusinya, yaitu masih sempitnya cakupan saluran bisnis dan kemudahan masuknya pemain baru terbukti dari pertumbuhan premi bruto sektor korporasi yang terns menurun sementara peluang pasar baru masih terbuka Iebar seiring dengan Produk Domestik Bruto yang selalu meningkat dari tahun ke tahunnya. Oleh karena itu dalam rangka memaksimalkan keunggulan bersaingnya, strategi generik yang dapat diterapkan oleh Asuransi Jasa Indonesia adalah memperluas cakupan pemasaran dengan tetap memperhatikan cost leadership melalui optimalisasi operational cost efficiency. Disamping itu penulis memberikan altematif strategi dalam bersaing pada industri asuransi kerugian dan perbaikan - perbaikan internal perusahaan yang dijabarkan pada Bab V penulisan tesis ini. Kata kunci : Cakupan Pemasaran, Cost Leadership, Operational Cost Efficiency.
Competition in collecting premiums among insurance companies on corporation business is very strict. To be able to compete and ga in a place in the market then an insurance company should be able to analyze the market and existing players. Therefore it need a strategy in this competition so that the company keeps survive and growing. This study seeks to analyze the external factors, industry environment and internal competitiveness to know the condition of existing competition, develop and plan an alternative competitive strategies. Those things become the background of this thesis. The research is done by interviewing head of the branch office and head of the division as a respondent and to analyze the secondary data. Porter's Five Forces Theory is used in conducting an external analysis and environmental analysis of industries. While the key factor of capability, resources and core competencies are used in conducting an internal analysis. The result of analysis is being the basis for answering the research questions regarding how the conditions faced by PT. Asuransi Jasa Indonesia in competition of insurance industry in Indonesia on corporation business. Furthermore, to answer research questions about the alternative strategies that could be taken by the PT. Asuransi Jasa Indonesia in order to be being preeminent in the competition besides being executed corporate strategy, SWOT analysis is conducted to identify the resources and capabilities possessed by the company. From the results of the SWOT analysis then enable to create table IFAS (Internal Factor Analysis Summary) and EFAS (External Factor Analysis Summary) to obtain strategic directives. The results shows that although PT. Asuransi Jasa Indonesia in general has performance above the industry growth, however, is still relatively weak competitive advantage. Some of the fundamental weakness still be the main problem which seems not yet able to immediately look for a solution such as the limited scope of business lines and ease of entry of new p layers. It is proven from the gross premium growth of the corporate sector continues to decline while a new market opportunity is still wide open in line with Gross Domestic Product which is always increased from year to year. Therefore, in order to maximize competitive advantage, the generic strategies that can be applied by PT. Asuransi Jasa Indonesia is to expand insurance marketing coverage while considering the cost of leadership through optimization of the operational cost efficiency. Besides, the authors offer an alternative strategies to compete in insurance industry and the company's internal improvements which is explained in Chapter V of this thesis. Keyword : Marketing Coverage, Cost Leadership, Operational Cost Efficiency.
Kata Kunci : Cakupan pemasaran,Cost leadership,Operational cost efficiency