Laporkan Masalah

Jagongan Wagen Sebagai Strategi Promosi Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

M. BAGUS PANUNTUN, Rajiyem, S.I.P., M.Si.

2017 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja merupakan rumah budaya nirlaba yang menjadikan seni pertunjukan sebagai media dialog dan pembelajaran dalam merangsang kegairahan kreativitas komunitas seni dan masyarakat. Kreativitas seni di PSBK merupakan warisan Bagong Kussudiardja kepada komunitas seni dan masyarakat. Jagongan Wagen adalah salah satu kegiatan yang mengenalkan warisan tersebut. Jagongan Wagen merupakan presentasi seni yang rutin diadakan satu bulan sekali di PSBK. Dalam presentasinya, Jagongan Wagen berusaha membangkitkan inspirasi dan imajinasi melalui kreativitas seni yang mana merupakan karakter dari Bagong Kussudiardja. Melalui Jagongan Wagen, PSBK dapat menjaga dan mengenalkan warisan seni Bagong tersebut kepada komunitas seni dan masyarakat. PSBK melakukan kegiatan promosi terhadap Jagongan Wagen agar dapat mencapai tujuan tersebut. Aktivitas promosi yang telah dilakukan PSBK yaitu; periklanan, mulut ke mulut, dan media interaktif. Penelitian ini ingin melihat aktivitas promosi Jagongan Wagen melalui studi kasus yang dilakukan PSBK dalam tujuannya menjaga dan mengenalkan warisan Bagong Kussudiardja kepada komunitas seni dan masyarakat.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja is a nonprofit art center that using an art show as a dialogue media and a place to learn for stimulating creativity from artist and public. Creativity in PSBK was a heritage from Bagong Kussudiardja for artist and public. Jagongan Wagen is one of activity that introduce that heritage. Jagongan Wagen is the art show in PSBK that is routine once a month. In every show, Jagongan Wagen was trying to rise an inspiration and imagination through a creativity which is a Bagong Kussudiardja character. Through Jagongan Wagen, PSBK is able to keep and introduce that Bagong heritage. A promotion activity, make that PSBK purposes granted. A promotion activity that is used by PSBK is; advertising, word of mouth, and interactive media. This research want to see a promotion activity of Jagongan Wagen by PSBK trhough case study method to knowing an efforts that is keeping and introducing Bagong Kussudardja heritage to artist and public.

Kata Kunci : Nirlaba, Promosi, Studi Kasus

  1. S1-2017-317968-abstract.pdf  
  2. S1-2017-317968-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-317968-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-317968-title.pdf