STRATEGI KOMUNIKASI INVESTOR RELATIONS PADA PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS STRATEGI KOMUNIKASI INVESTOR RELATIONS OLEH BADAN PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (BPMPPT) KABUPATEN BELITUNG)
ERIK JULIANO, Mufti Nurlatifah, SIP. MA.
2016 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIABSTRAKSI Dengan adanya asas desentralisasi yang mana daerah dituntut untuk mengelola daerahnya sendiri melalui konsep otonomi, menjadikan setiap daerah berusaha untuk memiliki kemandirian dalam hal finansial. Dalam mewujudkan kemandirian finansial, pemerintah daerah Kabupaten Belitung berusaha untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan menarik investor masuk ke daerah, disini pemerintah daerah melakukan fungsi Investor Relations untuk menarik investor. Fungsi Investor Relations dijalankan oleh Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kabupaten Belitung sebagai pemegang kewenangan di bidang penanaman modal dan perizinan yang bertugas untuk menarik dan menangani investor. Adapun penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Investor Relations yang dilakukan oleh Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kabupaten Belitung. Strategi komunikasi yang digunakan dilakukan melalui empat tahap sebagaimana yang dikemukakan oleh Scott M. Cutlip (1982) yaitu mendefinisikan masalah, membuat rencana dan program, bertindak dan berkomunikasi dan mengevaluasi program. Dalam menjelaskan tahapan tersebut, digunakan juga konsep Investor Relations Framework dari Argenti (2003) dan saluran komunikasi dari Bragg (2010) sebagai acuan dalam penelitian ini. Dengan menggunakan metode studi deskriptif, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kabupaten Belitung telah melakukan strategi komunikasi Investor Relations. Strategi komunikasi Investor Relations dilakukan dengan membagi tipe investor dan juga berkomunikasi secara langsung maupun melalui perantara dengan para investor. Ditemukan fakta bahwa terdapat perbedaan pembagian tipe investor yang dilakukan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kabupaten Belitung sebagai institusi pada level pemerintah daerah. Hal tersebut kemudian berpengaruh pada pemilihan saluran komunikasi yang digunakan untuk menjangkau para investor. Ruang lingkup yang dimiliki pemerintah daerah turut berpengaruh pada strategi komunikasi Investor Relations yang dilakukan, sehingga kemudian berpengaruh pula pada pemilihan saluran komunikasi yang digunakan.
ABSTRACT As the principle of decentralization is applied, local governments are required to manage their own regions through the concept of autonomy and also mean they must be financially independent. In realizing financial independence, Belitung regency government seeks to increase local revenue by attracting investors into the area. The local government of Belitung performs the function of Investor Relations to attract investors. Investor Relations function is executed by Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) of Belitung as the holder of authority in the field of investment and licensing to attract and manage investors. This study aimed to determine the communication strategy conducted by Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kabupaten Belitung, which in this case is Investor Relations. The communication strategy is carried out through four stages as proposed by Scott M. Cutlip (1982), which are to define the problem, make a plan and program, act and communicate, and evaluate the program. The concept of Investor Relations Framework of Argenti (2003) and communication channels of Bragg (2010) are also used as reference in this study. By using a descriptive study, the results of this study indicate that Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kabupaten Belitung has done communication strategy in the form of Investor Relations. Investor Relations is conducted by dividing the types of investors and also communicating with investor directly or through an intermediary. It was found that there are differences in the distribution of investor types by Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kabupaten Belitung as an institution at local government level. It affects the selection of the communication channels used to reach out to investors. The scope of local government also affects the communication strategy in some points, so then also affects the selection of communication channels used.
Kata Kunci : Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Investor Relations, Investasi pada Pemerintah Daerah, BPMPPT Kabupaten Belitung/ Keywords: Communication Strategy, Investor Relations, Investment in Local Government, and BPMPPT Kabupaten Belitung