Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BISNIS PERTAMINA EP-CEPU DALAM MENGHADAPI KRISIS MINYAK PADA BISNIS SEKTOR HULU MINYAK DAN GAS BUMI

FIRMANSYAH WIDODO , Mahfud Sholihin, M.Acc., Ph.D.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

PT. Pertamina EP-CEPU (PEPC) merupakah salah satu anak dari PT Pertamina (Persero) yang bergerak dibidang usaha sektor hulu minyak dan gas bumi. Pada saat ini kondisi industri sektor migas mengalami keadaan yang kurang baik dikarenakan harga migas internasional mengalami kecenderungan trend yang menurun, mengakibatkan hal ini secara langsung berpengaruh pada perusahaan hulu migas. Sektor hulu minyak dan gas bumi sampai saat ini masih tetap menjadi primadona dan pemegang peranan penting dalam menyumbang atau berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Seiring perjalanannya, kondisi di kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi (KUH Migas) saat ini penuh dengan tantangan khususnya terkait kegiatan produksi minyak, biaya operasi, pengadaan barang/Jasa di KUH Migas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor baik eksternal maupun internal serta menganalisis strategi bisnis yang sesuai bagi PT. Pertamina EP-CEPU (PEPC) berdasarkan faktor-faktor tersebut. Untuk dapat mengetahui seberapa baik respon perusahaan terhadap faktor eksternal digunakan alat analisis berupa matriks evaluasi faktor eksternal, begitu juga untuk melihat posisi internal perusahaan digunakan alat analisis berupa matriks evaluasi faktor strategi internal. Analisis faktor-faktor eksternal dan internal, didapatkan kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) yang dimiliki PEPC. Dengan menggunakan alat analisis berupa matriks Internal-Eksternal (IE) serta analisis SWOT menggunakan matriks SWOT dapat diketahui posisi perusahaan dan strategi alternatif yang sesuai bagi PEPC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi PEPC berdasarkan matriks IE berada pada sel II yaitu berkembang dan membangun. Dalam rangka mewujudkan visi perusahaan menjadi Menjadi Role-Model Anak Perusahaan Hulu di Bidang Minyak dan Gas di dalam kegiatan kemitraan dan pembinaan SDM profesional. Alternatif strategi yang dapat ditambahkan untuk atrategi yang sesuai pada posisi ini yaitu berkembang dan membangun bisnis perusahaan yaitu strategi Strategi Intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk) dan Integrasi (integrasi ke belakang, integrasi ke depan dan integrasi horizontal). Selanjutnya dengan menggunakan matriks SWOT didapatkan penjabaran beberapa alternatif strategi yang tepat dengan mengkombinasikan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki perusahaan sehingga dapat dirumuskan strategi S-O (Strengths-Opportunities), strategi S-T (Strengths-Threats), strategi W-O (Weaknesses-Opportunities), serta strategi W-T (Weaknesses-Threats).

PT. Pertamina EP-CEPU (PEPC) is a subsidiary of PT Pertamina (Persero) which is engaged in the upstream sector of the oil and natural gas. At this time the condition of the oil and gas sector of industry experience unfavorable circumstances due to international oil prices experienced a downward trend, the downward trend directly affects the upstream oil and gas company. Upstream sector of oil and gas is still remains to be excellent and the holder of an important role in contributing or contributing to the national economy, but along the way, the conditions in the upstream activities of oil and gas (KUH Migas) is fraught with challenges, especially activities related to oil production, operating costs, procurement of goods / services in the Oil and Gas Code. This study aims to identify factors both external and internal as well as to analyze business strategies that are appropriate for PT. Pertamina EP-CEPU (PEPC). To be able to know how well the company's response to external factors used analysis tool in the form of a matrix of factors external strategy (EFE), as well as to see the position of the company's internal use analysis tools in the form of a matrix of factors internal strategy (IFE). From the analysis of external factors and internal, gained strength (Strengths), weaknesses (Weaknesses), opportunities (Opportunities) and threats (Threats) owned PEPC. By using analytical tools in the form of a matrix Internal-External (IE) as well as a SWOT analysis using the SWOT matrix can know the position of the company and appropriate alternative strategy for PEPC. The results showed that PEPC position based on matrix IE is cell II (develop and build). In order to realize the company's vision into Role-Model of subsidiary oil and gas upstream for partnership activities and human resource professionals development. Alternative strategy that can be added to strategy appropriate at this position are develop strategy by using Intensive (market penetration, market development and product development) and build business enterprise by using integration (backward integration, forward integration and horizontal integration). Furthermore, by using the SWOT matrix obtained elaboration of several alternative strategies appropriate to combine the strengths, weaknesses, opportunities and threats of the company so that it can formulate strategies SO (Strengths-Opportunities), ST strategy (Strengths-Threats), WO strategy (Weaknesses-Opportunities ), and WT strategy (Weaknesses-Threats).

Kata Kunci : Kata Kunci: Lingkungan Eksternal, Lingkungan Internal, Matriks EFE, Matriks IFE matriks IE, Matriks SWOT

  1. S2-2016-360581-abstract.pdf  
  2. S2-2016-360581-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-360581-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-360581-title.pdf