Laporkan Masalah

PENGARUH MUSIK KLASIK INSTRUMENTAL, MUSIK ROCK, DAN TINGKAT VOLUME SUARA TERHADAP SITUATIONAL AWARENESS DAN RISK BEHAVIOR SAAT MENGENDARAI MOBIL

AKMAL FATAH FAINUSA, Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D.

2016 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Mendengarkan musik sambil mengendarai mobil merupakan aktivitas yang sudah umum dilakukan. Secara positif, mendengarkan musik di dalam mobil akan memberikan efek relaksasi dan mengurangi kebosanan. Akan tetapi efek negatif mendengarkan musik sambil mengendarai mobil dapat menurunkan kewaspadaan dan performansi mengemudi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis musik dan tingkat volume suara terhadap situational awareness dan risk behavior saat mengendarai mobil. Penelitian ini dilakukan terhadap 15 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Jenis musik yang digunakan dalam penelitian ini adalah musik klasik dan musik rock. Variasi tingkat volume suara yang digunakan yaitu pada tingkat 55-65 dBA dan 75-80 dBA. Penilaian situational awareness dilakukan dengan menggunakan kuesioner SAGAT (Situational awareness Global Assessment Technique), sedangkan penilaian risk behavior dilakukan dengan menggunakan kategori safe behavior, precaution behavior, hazardous, dan accident. Terdapat tiga faktor yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu jenis musik, tingkat volume suara, dan jenis kelamin. Hasil dari penelitian diketahui bahwa pada nilai situational awareness tingkat satu dan situational tingkat dua, faktor yang berngaruh secara signifikan adalah jenis musik. Sedangkan perbedaan tingkat volume suara dan jenis kelamin tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Pada nilai situational awareness tingkat tiga, baik faktor jenis musik, perbedaan tingkat volume suara, dan jenis kelamin tidak memberikan perbedaaan yang signifikan. Selanjutnya, pada nilai situational awareness keseluruhan diketahui bahwa faktor jenis musik merupakan faktor yang berperngaruh terhadap nilai situational awareness secara signifikan (P value = 0.00004). Berkaitan dengan risk behavior, pada penelitian ini diketahui bahwa situational awareness tidak memberikan dampak secara signifikan. Faktor yang mempengaruhi risk behavior secara signifikan pada penelitian ini adalah jenis kelamin.

Listening to music while driving is an activity that is already common. Positively, listening to music in the car will provide a relaxing effect and reduce boredom. However, the negative effects of listening to music while driving can reduce attention and driving performance. This study aims to investigate the influence of music and the volume level of the situational awareness and risk behavior while driving. This study was conducted on 15 men and 15 women. The type of music used in this study is the classical music and rock music. Variation of volume level used are at the level of 55-65 dBA and 75-80 dBA. Assessment situational awareness using SAGAT (Situational Awareness Global Assessment Technique), while the risk behavior assessment carried out by using four categories: safe behavior, behavior precaution, hazardous and accident. There are three factors used in this study, which is a type of music, the volume level, and gender. Results of the research note that the value of situational awareness level one and situational level two, significant factor is the type of music. While the difference in volume level and gender did not have a significant influence. The value of situational awareness level three, both factors of music, the difference in volume level, and gender did not give significant differences. Furthermore, the value of overall situational awareness is known that factor in the type of music is a factor that affect the value of situational awareness significantly (P value = 0.00004). Tell about risk behavior, the study showed that situational awareness does not impact significantly. Factors affecting risk behavior significantly in this study were gender.

Kata Kunci : Jenis Musik, Tingkat Volume Suara, Situational Awareness, SAGAT, Risk Behavior.

  1. S1-2016-320145-abstract.pdf  
  2. S1-2016-320145-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-320145-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-320145-title.pdf