Laporkan Masalah

Komunikasi Organisasi Komunitas Lari Jogjakarta Hash House Harriers : Studi Kasus Pengelolaan Manajemen Komunikasi Organisasi Jogjakarta Hash House Harriers untuk Mempertahankan Nilai Fun, Fitness,Friendship Komunitas Hash

GUNITA WAHYU SAKTYANTI, Adam W Sukarno, SIP, MA

2015 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Komunitas Jogjakarta Hash House Harriers adalah komunitas lari lintas alam tertua yang ada di Yogyakarta. Di Yogyakarta sendiriselain Jogjakarta Hash House Harriers terdapat Mataram Hash House Harriers, Malioboro Hash House Harriers, Prambanan Hash House Harriers, Borobudur Hash House Harriers. Dipandang sebagai komunitas yang bergerak di bidang olahraga lari lintas alam bukan berarti lepas dari pengelolaan manajemen yang terorganisir. Terutama manajemen komunikasinya.Jogjakarta Hash House Harriers dan komunitas Hash lainnya memiliki bentuk organisasi yang telah ada dari pertama lahirnya komunitas ini. Jogjakarta Hash House Harriers sendiri memiliki komite atau kepengurusan yang terorganisir secara mandiri dan terbuka. Dinamika peminat atau anggota yang ada di dalam Jogjakarta Hash House Harriers cenderung mengalami penurunan selama 3-5 tahun terakhir. Namun tidak sedikit juga yang loyal kepada komunitas. Pengelolaan manajemen komunikasi untuk tetap bekerjasama mempertahankan tujuan Jogjakarta Hash House Harriers yang mana menjadi nilai komunitas Hash yaitu fun fitness friendship sangat menentukan agar Jogjakarta Hash House Harriers tetap bertahan sebagai komunitas Hash yang mempertahankan nilai tersebut. Menurut analisis penelitian, pengelolaan manajemen komunikasi pada organisasi yang diterapkan oleh komite Jogjakarta Hash House Harriers mempengaruhi terjaganya nilai fun,fitness,friendship. Dengan kinerja yang sukarela, sistem pengelolaan komunikasi yang terbuka diantara komite dan anggota membentuk satu kohesi hubungan sosial yang baik di lingkungan komunitas untuk menjaga nilai komunitas. Komite sendiri selalu menjunjung tujuan dari komunitas Hash, dimana komunitas Hash bukan hanya untuk kegiatan lari saja namun juga untuk melakukan sosialisasi dengan cara aksi sosial bagi lingkungan sekitar. Hal ini mengakibatkan pandangan positif dari anggota terhadap pengelolaan manajemen komunikasi komunitas Jogjakarta Hash House Harriers. Walaupun secara struktur komite banyak yang harus dibenahi agar menjadi organisasi yang mampu bersinergi untuk memajukan Jogjakarta Hash House Harriers, pengelolaan manajemen komunikasi organisasi untuk mencapai tujuan fun fitness friendship sejauh ini dapat dicapai oleh komunitas Jogjakarta Hash House Harriers melalui aktivitas komunikasi yang dilakukan di dalam program � program komite yang dijalankan setiap tahunnya. Kata Kunci : Manajemen komunikasi, organisasi, komunitas, studi kasus

Jogjakarta Hash House Harriers is the oldest cross nature running community in Yogyakarta. In fact, there are Mataram Hash House Harriers, Malioboro Hash House Harriers, Prambanan Hash House Harriers, and Borobudur Hash House Harriers beside Jogjakarta Hash House Harriers in Yogyakarta itself. As community, Jogjakarta Hash House Harriers is aware to organize on management system like organization. Especially in the communication management field. Either Jogjakara Hash House Harriers or another Hash community had been built organization structure since them build the community. For Jogjakarta Hash House Harriers as organization is using open communication to organize community. During 3 � 5 years of the time, members of Jogjakarta Hash House Harriers was declining. But few of the members are loyal to community. The loyal act from members is built by management communication comittee of Jogjakarta Hash House Harriers that always to preserve Hash community value, fun, fitness, friendship. Based on research analysis, management of communication in the Jogjakarta Hash House Harriers influence to preserve fun,fitness,friendship value. Open communication between comittee and community members could create good social cohession relationship. Therefore, committee could keep the value of Hash community as it�s principle. Jogjakarta Hash House Harriers�s comittee always has been kept goal of community. Hash community not only does run activity but also does social action that belongs to Hash socialization for helping society. For the impact of that principle, management communication activities are did by comittee show positive image in community member�s insight. Although, comittee have to concern to re-organize structuraly, at least organization communication of management of Jogjakarta Hash House Harriers can achieve fun,fitness,friendship value of community. Keywords : Communication Management, Organization, Community, Case Study

Kata Kunci : Manajemen komunikasi, organisasi, komunitas, studi kasus

  1. S1-2015-312370-abstract.pdf  
  2. S1-2015-312370-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-312370-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-312370-title.pdf