COMMUNITY RELATIONS PADA PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA Tbk ( Studi Kasus Community Relations pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk unit Palimanan-Cirebon tahun 2012-2013 )
GREFFY DINARSONO ARDI, Drs. I Gusti Ngurah Putra, M.A
2015 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASICommunity relations merupakan kewajiban sosial dalam bisnis modern sehingga memiliki peranan yang sangat penting dalam keberadaan suatu perusahaan karena dapat membangun pertemanan/hubungan yang baik antara organisasi dengan komunitas sehingga adanya timbal balik yang saling menguntungkan. Diperlukan kinerja dari seorang humas untuk membantu organisasi merumuskan filosofis, visi, dan misi, serta dalam menentukan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi kepada publiknya. Untuk tumbuh menjadi perusahaan yang besar dan mampu menghadapi tantangan, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk tentu telah menerapkan suatu proses pengelolaan perusahaan yang baik guna memastikan agar daya saing perusahaan terus terjaga dalam segala keadaan dan memberikan nilai tambah bagi komunitas sekitarnya dengan tujuan untuk menjaga hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan satu sama lain. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat dan memahami implementasi dan partisipasi masyarakat dalam program community relations. Sasaran dalam penelitian ini adalah komunitas lokal di daerah sekitar perusahaan yang letaknya bersinggungan secara langsung dengan perusahaan. PT Indocement dipilih karena dapat memberikan gambaran tentang implementasi pelaksanaan program-program unggulan community relations sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat. Teori mengenai community relations di adopsi menggunakan teori dari Lattimore, dkk (2010:256-261) dengan menggunakan metode penelitian purposive sampling (secara sengaja) untuk menentukan informan dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus bersifat explanatory reseacrh, dimana penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana kesesuaian antara tujuan dan hasil dari pelaksanaan program community relations dengan melakukan evaluasi proses program community relations. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan masyarakat dalam implementasi program community relations memiliki prinsip yaitu membangun masyarakat yang mandiri. Partisipasi masyarakat dalam implementasi program community relations dapat dilihat sebagai keterlibatan para pihak (masyarakat dan perusahaan) di dalam mengelola program-program community relations.
Community relations is a social obligation in modern business that has a very important role in the existence of a company as it can build friendships/good relations between the organization and the community so that the mutual reciprocity. The performance required of a public relations person to help organizations formulate philosophy, vision, and mission, as well as in setting and achieving goals of the organization to the public. To grow into a large company and is able to face the challenges, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk would have implemented a process of good corporate governance in order to ensure the company's competitiveness be maintained in all circumstances and provide added value to the surrounding community with the aim to maintain a harmonious relationship and mutually benefit each other. Therefore, this study was conducted to see and understand the implementation and participation in community relations program. The targets of this research is the local community in the area surrounding the company are located in contact directly with the company. PT Indocement been able to provide an overview of the implementation priority programs of community relations as a concern to the public. Theories on community relations in the adoption using the theory of Lattimore, et al (2010: 256-261) using research methods purposive sampling (intentionally) to determine informants and used a qualitative approach with case study is an explanatory reseacrh, where this study was conducted to explain how correspondence between the objectives and results of the implementation of community relations program with an evaluation process of community relations program. The results showed that the development of society in the implementation of community relations program has the principle of building a self-reliant community. Public participation in the implementation of community relations program can be viewed as the involvement of stakeholders (public and corporate) in managing community relations programs.
Kata Kunci : komunitas, pengembangan masyarakat, implementasi program community relations, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk unit Palimanan-Cirebon