Laporkan Masalah

ANALISIS KESESUAIAN STRATEGIS (STRATEGIC FIT) DAN KESESUAIAN SUMBER DAYA (RESOURCE FIT) STUDI PADA PT GAMA MULTI USAHA MANDIRI

JOHAN, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Perusahaan yang memiliki banyak unit bisnis dan bergerak di banyak industri yang berbeda memiliki banyak tantangan dalam mengelola sumber daya yang dimilikinya dan menerapkan kebijakan strategis yang memberikan value kepada seluruh unit bisnis tersebut. Jarillo (1988) menyatakan pentingnya memahami setiap aktivitas unit bisnis untuk menciptakan aktivitas yang saling terintegrasi. Thompson, Peteraf, Gamble dan Strickland (2012) menyatakan pentingnya performa setiap unit bisnis untuk memiliki kesesuaian sumber daya yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mencari kesesuaian strategis diantara unit bisnis yang dimiliki oleh perusahaan berdasarkan aktivitas yang dimiliki oleh setiap unit bisnis. Penelitian ini juga bertujuan untuk mencari potensi kesesuaian sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dengan melihat pembagian sumber daya yang dilakukan oleh setiap unit bisnis. Kesesuaian tersebut dapat dianalisis menggunakan kerangka rantai nilai, konsep cash cow serta cash hog, dan menggunakan pendekatan sinergi Objek penelitian ini adalah PT. Gama Multi Usaha Mandiri, perusahaan yang menerapkan strategi diversifikasi yang memiliki delapan unit bisnis yaitu Gama Auto Service, Gama Giri Mandiri, Gama Konsultan, Gama Multi Finance, Gama Pos dan Logisitik, Plaza Agro Gadjah Mada, Rumah Sehat dan Apotek UGM, dan University Club. Metode yang digunakan adalah teknik wawancara dan observasi. Analisis rantai nilai digunakan untuk mencari kesesuaian strategis, konsep cash cow serta cash hog digunakan untuk menggambarkan potret kesesuaian sumber daya keuangan unit bisnis, dan pendekatan sinergi digunakan untuk menggambarkan kesesuaian sumber daya non keuangan unit bisnis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesesuaian strategis pada bidang teknologi serta pemasaran dan penjualan. Lima unit bisnis masuk dalam kategori cash cow dan tiga unit bisnis masuk dalam kategori cash hog. Dari enam pintu sinergi yang diutarakan Goold dan Campbell (1998), terdapat empat yang berpotensi menjadi sinergi.

Company who own many business units and operate in different kind of industries has more challenge to manage its resources and implement strategic decision which is giving value to whole business units. Jarillo (1998) explain how important to understanding every business units activities to create integrated activity. Thompson, Peteraf, Gamble dan Strickland (2012) describe how important business units performance for having a good resource fit. The purpose of this research is to looking for business units strategic fit owned by company based on activities which owned by every single business units. This research aim to find potential resource fit which owned to the company by looking sharing resources that have been done by business units. Those fit would be analyzed by using value chain framework, cash cow and cash hog concept, and synergy approach. Objek penelitian ini adalah PT. Gama Multi Usaha Mandiri, perusahaan yang menerapkan strategi diversifikasi yang memiliki delapan unit bisnis yaitu Gama Auto Service, Gama Giri Mandiri, Gama Konsultan, Gama Multi Finance, Gama Pos dan Logisitik, Plaza Agro Gadjah Mada, Rumah Sehat dan Apotek UGM, dan University Club. Metode yang digunakan adalah teknik wawancara dan observasi. Analisis rantai nilai digunakan untuk mencari kesesuaian strategis, konsep cash cow serta cash hog digunakan untuk menggambarkan potret kesesuaian sumber daya keuangan unit bisnis, dan pendekatan sinergi digunakan untuk menggambarkan kesesuaian sumber daya non keuangan unit bisnis. The object reasearching is PT. Gama Multi Usaha Mandiri, the company who implemented diversification strategy that owned eight business units which are Gama Auto Service, Gama Giri Mandiri, Gama Konsultan, Gama Multi Finance, Gama Pos dan Logisitik, Plaza Agro Gadjah Mada, Rumah Sehat dan Apotek UGM, dan University Club. The method used are interviewe and observation. Value cahin analysis used to looking for strategic fit, cash cow and cash hog concept used to capture the financial business units resource fit, and synergy approach used to describe business units non financial resource fit.

Kata Kunci : Strategic fit, Resource Fit, Value Chain, Synergy, Gama Multi Usaha Mandiri, Gama Auto Service, Gama Giri Mandiri, Gama Konsultan, Gama Multi Finance, Gama Pos dan Logisitk, Plaza Agro Gadjah Mada, Rumah Sehat dan Apotek UGM, University Club

  1. S2-2015-358228-abstract.pdf  
  2. S2-2015-358228-bibliography.pdf  
  3. S2-2015-358228-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2015-358228-title.pdf