Laporkan Masalah

Minat Mahasiswa D3 Bahasa Korea Terhadap Kosmetik Korea

INDHIRA KUSUMA W, Ummul Hasanah S.S., M.A

2015 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREA

Tugas akhir ini berjudul Minat Mahasiswa D3 Bahasa Korea UGM Terhadap Kosmetik Korea. Kosmetik Korea yang menjadi populer beberapa tahun terakhir ini membuat penulis ingin mengangkat tema yang berkaitan dengan kosmetik Korea pada tugas akhir ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kepopuleran produk kosmetik Korea di Indonesia dan juga mengetahui minat mahasiswa D3 jurusan bahasa Korea, khususnya angkatan 2012 dan 2013 terhadap kosmetik Korea. Penulisan tugas akhir ini memiliki kesimpulan bahwa perkembangan kepopuleran kosmetik Korea di Indonesia semakin meningkat dengan banyaknya toko kosmetik Korea yang dibuka di Indonesia, munculnya toko online yang menjual kosmetik Korea, dan kosmetik Indonesia yang mendapat pengaruh dari kosmetik Korea. Kemudian minat mahasiswa terhadap kosmetik Korea terbagi menjadi minat rendah, sedang, dan tinggi. Dimana mahasiswa memiliki minat yang rendah terhadap pengetahuan tentang merek kosmetik Korea dan dalam penggunaan kosmetik Korea. Kemudian mahasiswa memiliki minat yang sedang terhadap kepemilikan produk kosmetik Korea dan tren terbaru kosmetik Korea. Selanjutnya dalam pengetahuan terhadap fungsi dan manfaat dari produk kosmetik Korea, mahasiswa memiliki minat yang tinggi.

The title of this paper is Student of Diploma III Korean Language UGM's Interest on Korean Cosmetics. In the last few years, Korean cosmetics became popular in Indonesia. Therefore, the writer decided to choose a topic that is related to Korean cosmetics. This research purposes are to understand about Korean cosmetic popularity development in Indonesia and to understand the interest of students Diploma III Korean language UGM's 2012 and 2013 on Korean cosmetics. There are two conclusions of this paper. The first one is the Korean cosmetic's development in Indonesia is increasing by due to the number of Korean cosmetic shops that have been opened in Indonesia, the appearance of online shops that sell Korean cosmetics, and Indonesian cosmetics brands that got influences from Korean cosmetics. The second one is the student's interests on Korean cosmetics divided into low, medium, and high interest. Students have low interests in knowledge about Korean cosmetic's brand and how to use Korean cosmetics. Then students have medium interests in the ownership of Korean cosmetics product and the latest trend of Korean cosmetics. The last one is students have high interest in knowledge of the functions and benefits of Korean cosmetics.

Kata Kunci : minat, populer, kosmetik Korea

  1. D3-2015-320493-abstract.pdf  
  2. D3-2015-320493-bibliography.pdf  
  3. D3-2015-320493-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2015-320493-title.pdf