Laporkan Masalah

TRANSFORMASI BUDAYA ARAB PADA MASYARAKAT MELAYU RIAU; KAJIAN RESEPSI ATAS TEKS AL-BARZANJI

ECEP ISHAK FARIDUDDIN, Prof. Dr. Siti Chamamah-Soeratno,

2012 | Tesis | S2 Ilmu Perbandingan Agama/Kajian Timur Tengah

Teks al-Barzanji merupakan sebuah karya Sastra Arab yang berisi sejarah kehidupan Rasulullah SAW, yang ditulis oleh Ja’far Al-Barzanji dalam bentuk prosa, dan dalam sastra Arab jenis karya sastra tersebut digolongkan pada jenis pujian kenabian (maddah nabawi). Penelitian terhadap Teks al-Barzanji ditujukan untuk mengetahui berbagai sambutan masyarakat Melayu Riau atas Teks al- Barzanji, baik dalam tradisi tulis maupun dalam tradisi lisan, sebagai wujud dari transformasi Budaya Arab pada masyarakat Melayu Riau. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan teori resepsi sastra sebagai teori utama dan teori kelisanan serta etnomusikologi sebagai teori pendukung. Pendekatan resepsi dapat dilakukan dengan jalan menelusuri bentukbentuk penyambut suatu karya dalam tradisi tulis. Dalam hal ini berupa penyaduran Teks al-Barzanji ke dalam bentuk prosa lirik. Metode kelisanan digunakan untuk menjelaskan sambutan masyarakat Melayu Riau atas Teks al- Barzanji dalam tradisi lisan dalam bentuk seni pertunjukan (performing art), sedangkan metode etnomusikologi digunakan untuk menjelaskan bentuk musik etnis Barzanji pada masyarakat Melayu Riau dalam bentuk seni pertunjukan (performing art), yang meliputi: kategorisasi musik dan fungsi musik. Berdasarkan hasil analisi, sambutan masyarakat Melayu Riau atas Teks al- Barzanji dalam tradisi tulis telah melahirkan Teks saduran al-Barzanji dalam bentuk prosa lirik dengan versi yang berbeda-beda, yaitu versi Abubakar Ya’kub; versi Muhammad Zuhri; dan versi Imran Supardi A.H. Sambutan masyarakat Melayu Riau atas Teks al-Barzani dalam tradisi lisan berupa bentuk seni pertunjukan (performing art) dalam acara-acara keagamaan, seperti acara maulid Nabi SAW, acara pernikahan, acara akikahan, dan acara khitannan. Sedangkan bentuk musik etnis Barzanji pada masyarakat Melayu Riau dalam kategorisasi musik meliputi pola ritme yang mengikuti kaidah ilmu tajwid, tempo yang tidak tetap, tidak mempunyai birama, penentuan motif di dasarkan pada struktur kalimat. Fungsi musik yaitu sebagai sarana ritual, sebagai hiburan peribadi, sebagai presentasi estetis, sebagai penguat norma-norma masyarakat, sebagai integrasi sosial masyarakat, dan sebagai stabilitas tradisi.

Text al-Barzanji is an Arabian literary works which is containing the history of the Prophet Rasulullah SAW, is written by Ja’far al-barzanji. In Arabian literature, the writing is categorized as a kind of adoration to the prophet (maddah nabawi). The research of Text al-Barzanji is aimed to understand the response of Riau Malayan people toward Text al-Barzanji both in oral and literal, which it is a form of Arabian culture transformation to Riau Malayan people. In order to reach the goal of the research, the theory of reception is used as a major theory and also orality and ethnomusicology as a supporting theory. The approach of reception is applied to find out the forms of literary works’ response. The response upon al-Barzanji of Riau Malayan is proved by the discovery of various versions adaptation text of al Barzanji. The approach of orality is used to describe the response of Riau Malayan upon the al-Barzanji in oral tradition, whether in performing art, while the approach of ethnomusicology is used to describe the form Barzanji of Riau Malayan when it is performed. On the base of the result of the analysis, the response of Riau Malayan upon Text al-Barzanji in oral tradition creates three different versions of adaptation texts, which are Abubakar Ya’kub, Muhammad zuhri; and Imran Supardi A.H. These kinds of response are used in various religious ceremonies; Maulid Nabi SAW (birthday of Prophet Muhammad), marriage, akikah, and circumcision. The form of ethnomusicology of Barzanji is scoped in; (1) rhythm based on the tajwid, irregular tempo, has no byrama, and motof’s construction which is not being based on the structural sentences, (2). The function of the music is of as the spiritual instrument, private entertainment, aesthetic presentation, tools of communication, empowering the norms, social integration, and cultural stability and regeneration.

Kata Kunci : Teks al-Barzanji, Madah Nabawi, Masyarakat Melayu Riau, resepsi sastra, kelisanan, etnomusikologi

  1. S2-PAS-2012-Ecep_Ishak_Fariduddin-ABSTRACT.pdf  
  2. S2-PAS-2012-Ecep_Ishak_Fariduddin-BIBLIOGRAPHY.pdf  
  3. S2-PAS-2012-Ecep_Ishak_Fariduddin-TABLEOFCONTENT.pdf  
  4. S2-PAS-2012-Ecep_Ishak_Fariduddin-TITLE.pdf