Evaluasi strategi bersaing dalam industri hotel :: Studi pada Betawi Sofyan Hotel Jakarta
RACHMARWI, Wiwik, Fahmy Radhi, Dr., M.B.A
2010 | Tesis | S2 Magister ManajemenPariwisata merupakan salah satu sektor andalan dalam menunjang pemulihan perekonomian Indonesia. Dalam upaya meningkatkan kualitas kepariwisataan diperlukan adanya sarana dan prasarana akomodasi yang menunjang kegiatan tersebut. Salah satunya adalah industri perhotelan. Betawi Sofyan Hotel sebagai salah satu hotel syariah tidak dapat menghindar dari persaingan hotel bintang tiga di Jakarta. Persaingan hotel yang ketat membuat Hotel Sofyan harus memiliki strategi yang baik agar dapat bersaing dengan hotel lainnya. Betawi Sofyan Hotel juga harus menganalisis lingkungan eksternal dan internalnya, menentukan posisi persaingan dalam industri, dan membuat formulasi strategi agar berhasil dalam persaingan. Penelitian dilakukan di kantor pusat Betawi Sofyan Hotel, Indonesia dan kantor Pusat PT Sofyan Hotels Tbk .. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer diperoleh dari dalam perusahaan dengan melakukan wawancara dan konsultasi dengan semua pihak yang terkait dalam pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Hotel Sofyan memiliki peluang yang besar untuk berkembang dan bersaing. Dari analisa generic yang sudah dilakukan, Betawi Sofyan Hotel memiliki strategi differensiasi dan dari analisa SWOT maka strategi yang cocok digunakan adalah strategi kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy). Key success factor Betawi Sofyan Hotel adalah Semangat kerja (spirit mot ivation) dan kompetensi, Pemanfaatan dan pengalokasian modal dengan tepat yang digunakan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas semua fasilitas yang tersedia dan Pemantapan Budaya Korporat, Implementasi Karakter Pelayanan dan Produk, Improve Brand Equity Kata Kunci: Hotel Syariah, Betawi Sofyan Hotel, Strategi bisnis, Analisa SWOT, Strategi Diferensiasi, Key Success Factor, lndustri Hotel.
Tourism is one of the leading sectors in supporting Indonesia's economic recovery. In an effort to improve the quality of tourism facilities and infrastructure necessary to support the accommodation of those activities. One of them is the hospitality industry. Betawi Sofyan Hotel as one of the hotel sharia cannot avoid away from competition three star hotel in Jakarta. Competition hotel makes Hotel Sofyan must have a good strategy to compete with other hotels. Betawi Sofyan Hotel also must analyze the external and internal environment, determine the competitive position in the industry, and formulate a strategy for success in the competition. Research conducted at the headquarters of Betawi Sofyan Hotel, Indonesia and central office PT Sofyan Hotels Tbk. The data used are primary data and secondary data. The collection of primary data obtained from the company by conducting interviews and consultations with all parties involved in data collection. The results of this study indicate that the Hotel Sofyan has a big opportunity to grow and compete. From a generic analysis that has been done, Betawi Sofyan Hotel has a differentiation strategy and SWOT analysis of the strategy showed that s trategy which is suited for aggressive growth policy (Oriented Growth Strategy). Key Success Factor of Betawi Sofyan Hotel are the working spirit (the spirit of motivation) and competence, utilization and capital allocation appropriately used to repair and improve the quality of all facilities available and Corporate Culture Establishment, Implementation Services and Products Character, Improve Brand Equity. Keywords: Hotel Sharia, Betawi Sofyan Hotel, Business Strategy, SWOT Analysis, Key Success Factor, Hotel Industry.
Kata Kunci : Hoterl Syariah,Betawi Sofyan Hotel,Strategi bisnis,Analisa SWOT,Strategi diferensiasi,Key success factor,Industri hotel