Penerapan strategi bersaing dalam rangka meningkatkan pangsa pasar business it solution pada PT Asiatech Integrasi
TOMASOA, Jerry, Fahmy Radhi, Dr.,M.B.A
2010 | Tesis | S2 Magister ManajemenTeknologi memiliki implikasi kritis terhadap daya saing dan keuntungan jangka panjang. Peru sahaan yang menggunakan strategi bisnis dengan basis IT terbukti cfektif dalam mengembangkan bisnis sehingga dapat berperan secara kritis dan inovatif dari pada perusahaan yang menggunakan IT secara konservatif. PT Asiatech Integrasi mempunyai pan gsa pasar dengan prosentase relati r signifikan jika dilihat dari bisnis jasa IT Solution. eki tar 60% dari omzet Overland (merk storage) eli Indonesia berasal dari sektor industri minyak dan gas, sedangkan sisanya 40% berasal dari sektor telekomunikasi, perbankan, dan sektor lainnya. Masalah yang akan menjadi pokok penelitian dirumuskan dalam bentuk pertanyaan penelitian, yai tu: apakah penerapan strategi bersaing mampu secara efektif meningkatkan pangsa pasar PT Asiatech Integrasi, bagaimana kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang ada di lingkung?n bisnis IT solution, faktor-faktor apa yang dapat menjadi faktor kunci dalam penerapan trategi bersaing dalam rangka peningkatan pangsa pasar PT Asiatech Integrasi khususnya pada bisnis IT solution. Data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari obyek penel itian yang berkaitan dengan visi dan misi organisasi perusahaan; upayaupaya pengintegrasian perencanaan stratcgis dan pengalokasian sumber daya pcrusahaan; dan strategis yang diterapkan beserta hasi l aktualisasi strategis terhaclap penguasaan pangsa pasar pada bisnis IT Solution. Sedangkan data sekunder adalah data penelitian yang berasal dari bahan bacaan berupa literatur berupa buku, jurnal, majalah, artikel lepas baik yang tersedia dalam media cetak, elektronik, dan media internet. Data sekunder yang diperoleh penulis meliputi data yang berkenaan dengan: konsepsi dan teori yang berkenaan dengan strategi; persaingan dan daya saing: serta pangsa pasar pada bisnis IT Solution. Analisis terhadap basil penelitian pada didasarkan pada penggunaan metode WOT, dimana akan dikaji kekuatan dan kelemahan PT Asiatech Integrasi sebagai analisis terhadap lingkungan internal perusahaan, uan juga melakdkan kajian terhaclap peluang dan ancaman yang ada pada lingkungan eksternal perusahaan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan strategi bersaing pcrusahaan mempunyai kemampuan secara efekti r untuk peningkatan pangsa pasar perusahaan di lingkungan bisn is tertentu apabila strategi bersaing yang diterapkan perusahaan didasarkan pada tiga kekuatan berupa: Pertama: spesifikasi produk dan/atau jasa yang menjadi konsentrasi bisnis perusahaan. Kedua: pangsa pa ar. Dari kesimpulan tersebut dapat di sarankan adalah penegasan terhadap misi perusahaan terutama yang menyangkut spesifikasi teknologi in formasi bagi organisasi bisnis yang menjadi konsentrasi pasar atas produk-produk teknologi IT olution yang dipasarkan oleh PT Asiatcch Integrasi, peningkatan signitikansi pangsa pasar perusahaan eli bidang bisnis IT solution terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan dan keunggulan teknologi dari produk-produk IT olution yang dipasarkan oleh PT Asiatech lntegrasi dengan spesifikasi pelayanan dan konsultasi yang sangat menunjang penggunaan teknologi tersebut bagi organisasi bisni s.
Technology has critical implications for competitiveness and profi tabi lity long term. Companies that use IT based business strategy proved effecti ve in developing that business can play a critical and innovative than companies that use IT as a conservative. PT Asiatech Integration with percentage market share is relatively significant when viewed from the IT services business Solution. Approximately 60% of turnover Overland (brand storage) in Indonesia comes from oil and gas industry sector, while the remaining 40% comes from telecommunications, banking, and other sector. The problem will be formulated in the form of basic research, research questions, namely: whether the application of competitive strategy can effectively increase the market share of PT Asiatech integration, how the strengths and weaknesses and opportw1ities and threats that exist in IT solutions business environment, what factors can be a key factor in the implementation of competi tive strategies in order to increase market share of PT Asiatech integration especially in the IT business solutions. Primary data are data obtained directly from the object of research related to vision and mission of the organization; the efforts of integrating strategic planning and allocation of company resources, and strategically applied and the results of strategic actualization of market share in the IT Solutions business. While secondary data are research data derived from reading material in the form of literature such as books, journals, magazines, loose articles are available both in print, electronic, and internet media. Secondary data obtained by the authors include data relating to: the conception and theory relating to strategy, competition and competitiveness as well as market share in the IT Solutions business. Analysis of the results of research on the use of methods based on SWOT, which would be reviewed strengths and weaknesses PT Asiatech Integration as an analysis of the company's internal environment, and also to review the opportunities and threats that ex ist in the external environment company. Conclusions of this study was the application of competitive strategy, the firm has an effective ability to increase market share in the company's particular business environment where competition strategy is based on three power companies such as: First: specification products and I or services to a concentration of corporate business. Second: the market share. Of conclusions can be suggested is the affirmation of the company's mission, especially concerning the specifications for the organization's information technology business into the market concentration of top-technology products, IT Solution, marketed by PT Asiatech Integration, the company's market share increased significance in the field of IT business solutions primarily related with the use and benefits of technology from IT Solutions products are marketed by PT Asiatech Integration with specifications and consulting services that really support the nse of these techno logies for business organizations.
Kata Kunci : Strategi bersaing,Peningkatan pangsa pasar,Industri IT Solution