Analysis of resources and capabilities organizations as internal sources of competitive advantage PT Metrodata E-Bisnis Dell Devision
PUTRA, Andretti Reiza Aria, Ertambang Nahartyo, Ph.D
2010 | Tesis | S2 Magister ManajemenMenulis studi ini, menyajikan tujuh tahap pendekatan untuk menganalisis kekuatan internal perusahaan dan kelemahan, konsep yang kita gunakan, antara lain: Lima Kekuatan konsep (Konsep Industri Struktur), Konsep Value Chain dan Generic Strategi Konsep (Porter , 1980 & 1985), Konsep Kemampuan dan Sumberdaya (Grant, 1991), Konsep Kompetensi Inti (Hamel & Prahalad, 1990). Konsep Penilaian Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan (Barney, 1995; Duncan, Ginter & Swayne, 1998), dan dengan mengintegrasikan konsep-konsep ini bersama - sama, sehingga implikasi strategis dari kekuatan internal organisasi sebagai sumber keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dapat diidentifikasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan di PT. Metrodata eBisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran pada kekuatan internal dan kelemahan organisasi, untuk menganalisis dan mengevaluasi sumber keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, dan akhimya menghasilkan implikasi strategis. Dengan memahami implikasi strategis, jalan terbuka untuk mengembangkan keunggulan kompetitif berkelanjutan untuk PT. Metrodata eBisnis akan lebih baik. Untuk memahami (dan mengevaluasi) sumber keunggulan kompetitifyang telah dibuat oleh banyak strategi. Analisis dalam hal kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (analisis swon merupakan salah satu upaya logis. Kebanyakan, analisis SWOT gaga! untuk memberikan pemahaman lengkap tentang sumber keunggulan kompetitif bagi suatu organisasi. Sebagian besar disebabkan oleh ketidakmampuan untuk menunjukkan jalan yang benar melalui mana organisasi dapat mengembangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Kata kunci: Sumberdaya, Kemam:puan, Value Chain, K.ekuatan, Kelemahan, Keunggulan Kompetitif Berkelanjm.an, Komperensi Inti.
Writing this study, presents the seven stages ofthe approach to analyzing the company's internal strengths and weaknesses, the concept that we use, among others: the Five Forces concept (Concept of Industrial Structure), Concept of Value Chain and Generic Strategies Concepts (Porter, 1980 & 1985), Concept of Capability and Resources (Grant, 199 1), The concept of Core Competence (Hamel & Prahalad, 1990). Concept of Sustainable Competitive Advantage Valuation (Barney, 1995; Duncan, Ginter & Swayne, 1998), and by integrating these concepts together - the same, so the strategic implications of the internal strength of the organization as a source of sustainable competitive advantage can be identified. This study uses descriptive and analytical in PT. Metrodata e-Bisnis. The purpose of this study was to provide an overview on the internal strengths and weaknesses of the organization, to analyze and evaluate a sustainable source of competitive advantage, and ultimately produce the strategic implications. By understanding the strategic implications, the road is open to developing a sustainable competitive advantage for the PT. Metrodata e-Bisnis will be better. To understand (and evaluate) a source of competitive advantage have been made by many strategies. Analysis in terms of strengths, weaknesses, opportunities and threats (SWOT analysis) is only one logical effort. Most, SWOT analysis failed to provide a complete understanding of sources of competitive advantage for an organization. Largely due to the inability to show the right path through which organizations can develop a sustainable competitive advantage. Key words: Resources, Capabilities, Value Chain, Strength, Weakness, Sustainable Competitive Advantage, Core Competency.
Kata Kunci : Resources,Capabilities,Value Chain,Strength,Weakness,Sustainable competitive advantage,Core Competency