Analisis kinerja kelompok-kelompok strategis pada industri asuransi umum Indoensia 1999-2008
DRADJAT, Mustopo Sendang, Eko Budiwiyono, Drs.,M.B.A
2010 | Tesis | S2 Magister ManajemenKelompok strategis merupakan sekelompok perusahaan di suatu industri yang memiliki kesamaan atau kemiripan strategi yang berhubungan dengan dimensi-dimensi strategis. Konsep kelompok-kelompok strategis telah diterapkan pada beberapa industri secara luas dan diterima sebagai unit analisis untuk memahami strategi bersaing dan struktur industri. Tujuan utama dari penelitian kelompok-kelompok strategis adalah melihat perbedaan kineija antar kelompokkelompok strategis. Penelitian ini didasarkan pada penelitian kelompok-kelompok strategis sebelumnya dan diterapkan pada industri asuransi umum Indonesia periode 1999- 2008, dengan menggunakan teknik analisis klaster (Ward hierarchy) pada variabel-variabel strategis scope ofoperations dan resource deployment. Berdasarkan basil empiris diperlihatkan bahwa terdapat kelompokkelompok strategis di industri asuransi tunum Indonesia. Struktur kelompokkelompok strategis ini—baik dalam hal banyaknya maupun keanggotaan dari kelompok-kelompok strategis—berubah-ubah di sepanjang periode pengamatan. Hasil empiris juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kineija antar kelompok-kelompok strategis. Dengan memahami struktur industri dan situasi persaingan, akan membantu dalam menentukan strategi bersaing perusahaan.
A strategic group is the group of firms in an industry following the same or a similar strategy along the strategic dimensions. The concept of strategic groups has been applied widely and accepted as an important unit of analysis in understanding competitive strategy and structures in various industries. The ultimate goal of most prior strategic groups research has been to determine if performance differences existed across strategic groups. This study builds upon previous research and is applied to the Indonesian general insurance industry over the 1999-2008 time period by using cluster analysis (Ward hierarchy) of strategic variabel reflecting scope of operations and resource deployments. The empirical results demonstrate that the structure of identified strategic groups in the Indonesian general insurance industry—both in terms of the number and membership of strategic groups—changes throughout the period of observation. The empirical results also indicate that performance differences existed across strategic groups. By understanding the industry structure and competitive situation, it will be helpful in determining the company's competitive strategy.
Kata Kunci : Kelompok strategis,Strategi bersaing,Struktur industri,Kinerja,Analisis klaster,Scope of operations,Resource deployment,Industri asuransi umum Indonesia