Laporkan Masalah

Analisis strategi bersaing Lloyd's register quality assurance (LRQA) Indonesia

WIJAYA, Hikmat, Agus Setiawan, Dr.,M.Soc.Sc

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Periibahan lingkungan bisnis yang sedemikian cepat dan kompleks mengharuskan perusahaan-perusahaan untuk selalu beradaptasi agar dapat tetap bersaing ataupun bertahan. Hal ini juga berlaku bagi jasa sertifikasi sistem manajemen miitu meskipun di Indonesia masih termasuk relatif baru, yaltu dimulai sekitar lahun 1993. Ketika sejumlah perusahaan mulai bermuncuian seiring dengan tumbuhnya pasar dan berjalannya waktu, maka persaingan pun menjadi semakin ketat. Untuk tetap beroperasi, perusahaan-perusahaan harus mempunyai strategi-strategi bersaing yang sesuai dengan perubahan-perubahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi bersaing Lloyd's Register Quality Assurance Indonesia (LRQAl). Faktor-faktor tersebut berasal dari lingkungan eksternal, lingkungan industri, dan lingkungan internal perusahaan LRQAI. Dari analisis faktor-faktor tersebut kemudian dapat ditentukan kekuatan {strength), kelemahan {weakness), kesempatan {opportunities), dan ancaman {threat). Dengan menggunakan analisis SWOT dan matriks TOWS selanjutnya dapat diketahui strategi bersaing yang sesuai untuk LRQAI berdasarkan faktor-faktor tersebut di atas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari faktor-faktor lingkungan eksternal, lingkungan industri, lingkungan internal, dan dengan menggunakan analisis SWOT, perusahaan LRQAI masuk dalam situasi yang menguntungkan dan mendukung kebijakan strategi pertumbuhan yang agresif. Kekuatan-kekuatan dan kesempatan yang ada dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kelemahankelemahan dan ancaman. Selanjutnya, dengan matriks TWOS didapatkan beberapa alternatif yang mengkombinasikan kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman, yaitu : Strength-Opportunities (S-0) : meningkatkan brand image dan memperkuat hubungan dengan konsultan; Weakness-Opportimiteis (W-0) menambah Jumlah Assessor dan membuka kantor baru; Strenght-Threat (S-T) : meningkatkan kesadaran {awareness) sistem manajemen mutu dan meningkatkan nilai tambah {added value) jasa yang ditawarkan; serta Weakness-Threat (W-T): meningkatkan customer retention dan loyalty dan melakukan program efisiensi biaya. Kata Kunci: Manajemen Strategis, Analisis SWOT, Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO-9001 : 200

Fast and complex changes in the business environment lead to companies to adapt or survive. These changes apply in quality management system certification services as well though it is relatively new in Indonesia (since 1993). When some other companies grow following market demand and time, then, tight competition emerges. This leads to companies to formulate the strategies that fit to the changes. The purpose of this research is to identify factors affecting the competitive strategy for Lloyd's Register Quality Assurance Indonesia (LRQAI). These factors come from external environment, industrial environment, and internal environment. Based on the analysis of those factors, then, strength, weakness, opportunities, and threat can be determined. Following that identification, the appropriate competitive strategy may be established by using SWOT analysis and TOWS Matrix. The research shows that from the SWOT analysis, the strategy for Lloyd's Register Quality Assurance Indonesia (LRQAI) falls in the growth oriented strategy. This means that the company has strength and opportunities that overcome the weakness and threat and this is favour situation for the company. Furthermore, by using TOWS Matrix, it can be identified some alternative strategies by combining the strength, weakness, opportunities, and threat. They are Strength-Opportunities (S-0) : enhance brand image and relationship with consultants: Weakness-Opportunities (W-0) : increase the number of Assessors and expand the new office; Weakness-Threat (W-T) : increase the awareness of the quality management system and emphasize the added value', and Weakness- Threat (W-T): build customer retention and loyalty and introduce cost efficiency. Key Words ; Strategic Management, SWOT Analysis, ISO-9001 : 2008 Quality Management System Certification xiv

Kata Kunci : Manajemen strategi,Analisis SWOT,Sertifikasi sistem manajemen mutu ISO,9001:2008

  1. S2-FEB-2010-Hikmat_Wijaya-ABSTRACT.pdf  
  2. S2-FEB-2010-Hikmat_Wijaya-BIBLIOGRAPHY.pdf  
  3. S2-FEB-2010-Hikmat_Wijaya-TABLEOFCONTENT.pdf  
  4. S2-FEB-2010-Hikmat_Wijaya-TITLE.pdf