Strategi bersaing perusahaan kontraktor pertambangan PT Pamapersada Nusantara
BASKORO, Hendro, Gudono, Dr., MBA
2009 | Tesis | S2 Magister ManajemenPT. Pamapersada Nusantara (P AMA) berada di posisi mapan sebagai kontraktor pertambangan terkemuka di tanah air sejak tahun 1993. Komitmen P AMA, kini dan mendatang, para pelanggan menjadikan PAMA bagian dari sukses mereka. P AMA senantiasa mengedepankan kinerja kelas dunia, pengalaman mendalam yang diiringi dengan pendekatan menyeluruh sebagai upaya P AMA memberikan layanan profesional dan bernilai tam bah sekaligus mempertahankan posisi P AMA sebagai yang terdepan di industri ini. Adanya persaingan dan kompetisi dalam mendapatkan proyek-proyek pertambangan yang semakin ketat dalam lingkungan industri kontraktor pertambangan menuntut PT. Pamapersada Nusantara untuk mempunyai strategi yang menekankan pada keuanggulan bersaing. Tanpa membuat strategi bersaing yang baik dalam industri yang semakin ketat ini, besar kemungkinan perusahaan kontraktor pertambangan PT. Pamapersada Nusantara tidak akan dapat mewujudkan semboyan, visi, misi serta tujuan PT. Pamapersada Nusantara tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi bersaing yang tepat sesuai dengan kondisi perusahaan berdasarkan Distinctive Competencies yang dimiliki dan Key Success Factor yang diperlukan dalam industri kontraktor pertambangan saat ini. Dalam studi ini dilakukan analisis strategi untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi strategi bisnis perusahaan kontraktor pertambangan PT. Pamapersada Nusantara, mengidentifikasi apakah strategi yang digunakan oleh perusahaan kontraktor pertambangan PT. Pamapersada Nusantara terdapat suatu masalah. Kemudian dilanjutkan dengan studi komparatif untuk mengidentifikasi apakah strategi yang telah digunakan oleh perusahaan kontraktor pertambangan PT. Pamapersada Nusantara merupakan strategi yang efektif. Kemudian dilanjutkan dengan analisis kompetensi inti untuk mengidentifikasi bagaimana strategi yang dilakukan oleh perusahaan kontraktor pertambangan PT. Pamapersada Nusantara dalam mempertahankan posisinya sebagai market leader. Kemudian yang terakhir adalah analisis matrik SWOT untuk merumuskan suatu alternatif strategi yang dapat menunjang strategi perusahaan kontraktor pertambangan PT. Pamapersada Nusantara dalam mempertahankan posisinya sebagai market leader. Dengan melihat analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa strategi yang telah diterapkan merupakan strategi yang tepat sesuai dengan kondisi perusahaan. Perbaikan yang perlu untuk dilakukan adalah dalam hal pengembangan sumber daya manusia dalam memenuhi kompetensi dasar dengan cepat, pengembangan sub kontraktor lokal, dan implementasi sistem. Kata Kunci : Analisis Strategi, Studi Komparatif, Analisis Kompetensi Inti, Analisis Matrik SWOT
PT Pamapersada Nusantara (PAMA) was established position as a leading mining contractor in the country since 1993. PAMA commitments, present and future, customers make PAMA part of their success. PAMA always puts world-class performance, depth of experience coupled with a comprehensive approach in an attempt PAMA providing professional services and value-added while keeping the P AMA 's position as a leader in this industry. Existence of competition and competition in getting mining projects are increasingly strict in the mining contracting industry environment requires PT Pamapersada Nusantara archipelago to have a strategy that emphasizes competitive advantage. Without a good strategy to compete in an industry that is increasingly tight, likely mining contractor company PT Pamapersada Nusantara will not be able to realize the motto, vision, mission and goals of PT Pamapersada Nusantara is. Therefore, we need a competitive strategy appropriate to their condition based on company owned Distinctive Competencies and Key Success Factor is required in the mining contracting industry today. In this study conducted an analysis strategy to identify and evaluate business strategy mining contractor PT Pamapersada Nusantara, identify whether the strategy used by the mining contractor company PT Pamapersada Nusantara there is a problem. Then followed by a comparative study to identify whether the strategy has been used by the mining contractor company PT Pamapersada Nusantara is an effective strategy. Then proceed with the analysis of core competencies to identify how the strategies undertaken by the mining contractor company PT Pamapersada Nusantara in maintaining its position as market leader. Then the last is a SWOT analysis matrix to formulate an alternative strategy that can support the company's strategy mining contractor PT Pamapersada Nusantara in maintaining its position as market leader. By looking at the analysis has been done it can be concluded that the strategy has been applied is the right strategy in accordance with the conditions of the company. Improvements that need to be done are in terms of human resource development to meet the basic competencies quickly, the development of local sub-contractors, and systems implementation. Keywords : analysis strategy, comparative study, analysis of core competencies, SWOT analysis matrix
Kata Kunci : Analisis strategi,Studi komparatif,Analisis kompetisi inti,Analisis matrik SWOT