Evaluasi strategi bisnis SBU Minyak dan Gas PT Superintending Company of Indonesia (PT Sucofindo)
NURDIN, Syafril, Drs. Agastya, MBA.,MPM
2003 | Tesis | Magister ManajemenDalam dua tahun berturut-turut, yaitu pada tahun 2001 dan 2002 manajemen PT. SUCOFINDO dihadapkan pada permasalahan yang sangat rumit, yaitu menurunnya pendapatan dan meningkatnya total biaya. Hal tersebut sangat mengkhawatirkan mengingat persaingan bisnis yang semakin ketat. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka manajemen melakukan peningkatan daya saing perusahaan dan membangun visi untuk memproyeksikan diri menjadi sebuah perusahaan kelas dunia dalam industri jasa inspeksi, supervisi, pengkajian dan pengujian di wilayah Asia Pasifik di tahun 2006. Dalam menghadapi tantangan-tantangan masa depan dan meningkatnya tuntutan para pengguna jasa terhadap peningkatan akan mutu pelayanan yang semakin tinggi, persaingan usaha yang semakin ketat di era pasar bebas, terlebih semenjak dicabutnya penugasan dari pemerintah yang berhubungan dengan pemeriksaan fasilitas kepabeanan, maka manajemen PT. SUCOFINDO memandang sangat mendesak untuk melakukan perubahan-perubahan yang mendasar. Sejalan dengan program transformasi yang telah dicanangkan oleh pihak manajemen guna menyelaraskan proses bisnis dan restrukturisasi organisasi perusahaan, maka manajemen telah melakukan pendekatan melalui pengelompokan yang didasarkan pada jenis jasa menjadi pengelompokan yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan yang didasarkan pada sektor industrinya. Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan aspirasi pelanggan yang menuntut kemudahan dalam hal akses, respon yang cepat, pelayanan yang cepat serta kemampuan dalam hal melayani berbagai kebutuhan pelanggan secara terpadu. Prinsip-prinsip dasar yang menjadi acuan dalam penyesuaian proses bisnis dan restrukturisasi organisasi adalah berorientasi kepada pelanggan (customer oriented), keterbukaan (transparency), kewenangan (authority) dan tanggung jawab (accountability), orientasi kepada hasil (Output Oriented) dan adanya sistem penghargaan yang ditujukan kepada karyawan (Merit system) Pada kesempatan ini penulis mencoba melakukan evaluasi terhadap strategi bisnis yang diterapkan oleh SBU minyak dan gas PT. SUCOFINDO, sebagai hasil pelaksanaan program transformasi bisnis, dimana telah menghasilkan sepuluh SBU dan tujuh supporting division. Untuk membatasi permasalahan, maka evaluasi strategi bisnis dilakukan pada SBU minyak dan gas PT. SUCOFINDO area Cilegon sebagai obyek pengamatan. Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui apakah strategi bisnis tersebut telah diimplementasikan secara tepat dan apakah strategi tersebut cocok dan sesuai serta apakah perlu adanya perbaikan terhadap strategi tersebut guna menghadapi perkembangan bisnis pada era global dimana persaingan bisnis cenderung semakin ketat dan tanpa batas.
In the recent of two years, the are years of 2001 and 2002, the management of SUCOFINDO, PT faced a very complicated problems, there are the downhill of it’s earnings and the increasing of total cost. That mentioned problems were very feeling concerned about to remind that the business competiton which progressively tighten. To anticipate the above mentioned problems, the management conducts the make-up of company competitiveness and build the vision to project it become a world class company in the industries of inspection services, supervision, assesment and testing in Asia Pacific region in the year of 2006. In facing of future challenges and the increasing of demand of the customers, to improve the higher quality of services, business competition which progressively tighten in free market era, particularly since terminating of assignation from the Indonesian government related to inspection of tollbooth facility, hence management SUCOFINDO, PT feel that it’s very urgent to conduct the changes. In line with program of business transformation which have by side of management utilization to harmonize the business process and organizational restructuring of the company, management have conducted the approach through the subdividing which are relied on a service type, become the more adapted for subdividing requirement of cutomers which are relied on its industrial sector. The mentioned programs were conducted to respon the aspirations of the cutomers in the case of easily on accessing, quickly respons and services and also capability in the case of serving various requirement of cutomer inwroughtly. The basic principles becoming the references in adjustment business processes and the organizational restructuring are customer oriented, transparency, authority, accountability, output oriented and existence of appreciation system addressed to employees by merit system. At this opportunity, I would like to evaluate the business strategy applied by SBU of oil and gas SUCOFINDO, PT as the result of business transformation programs, where yielded ten SBU’s and seven supporting divisions. In order to make a focus, this evaluation conducted to SBU of oil and gas SUCOFINDO, PT of Cilegon area as the object. This evaluation is conducted to know whether the implementation of business strategies have precisely and whether the strategies compatible and properly, and also whether need the existence of repair to utilize the strategies facing of business growth at global era where business competition tend to progressively tighten and borderless.
Kata Kunci : Strategi Bisnis, Evaluasi, SBU Minyak dan Gas, Strategic, Business