Laporkan Masalah

Formulasi strategi lembaga sertifikasi Profesi dalam menghadapi persaingan Bisnis sertifikasi di indonesia: studi pada Lsp xyz

KUSUMA WIDYA TANTRI, Dr. Agus Setiawan, M.Soc.Sc.

2023 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

LSP XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di sektor jasa pendidikan Non-formal di Bagian sertifikasi kompetensi. Sertifikat kompetensi ini dianggapnya modal penting untuk bersaing dengan negara lain dan kunci untuk pembangunan sehingga menjadikan isu yang dibicarakan oleh kalangan jasa pendidikan. Dengan adanya situasi tersebut, LSP XYZ harus memiliki strategi bersaing yang ditetapkan secara menantang agar dapat bertahan di bisnis sertifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi keunggulan bersaing dan memformulasikan strategi bersaing LSP XYZ. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis lingkungan eksternal perusahaan menggunakan analisis lingkungan umum PESTEL dan analisis industri menggunakan Porters Five Forces. Analisis lingkungan internal perusahaan dilakukan dengan analisis sumber daya dan kapabilitas dan di uji melalui VRIO. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LSP XYZ menggunakan strategi Focus Differentiation untuk dapat bertahan di industri dan memenangkan persaingan.

LSP XYZ is a company engaged in the non-formal education services sector in the Competency Certification Section. This competency certificate is considered important capital to compete with other countries and the key to development so as to make the issue discussed by the educational services. With this situation, LSP XYZ must have a challenging competitive strategy in order to survive in the certification business. The research conducted aims to analyze and identify competitive advantages and formulate competitive strategies for LSP XYZ. This research is descriptive qualitative by analyzing the company's external analysis using PESTEL analysis and industrial analysis using Porter's Five Forces. Analysis of the company's internal environment is carried out by analyzing resources and capabilities and tested through VRIO Framework. The results showed that LSP XYZ used focus differentiation strategy to survive in the industry and win the competition on that field.

Kata Kunci : Strategy Formulation, Competitive Strategy, And Professional Certification Institution

  1. S2-2023-471158-abstract.pdf  
  2. S2-2023-471158-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-471158-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-471158-title.pdf