Laporkan Masalah

Gereja dalam Media Digital: Mediatisasi Agama pada Misa Online di Kanal YouTube PusPas KAJ Samadi

FRANSISCA NIRMALA G, Budiawan, SS, MA, Ph.D.

2023 | Tesis | MAGISTER KAJIAN BUDAYA DAN MEDIA

Misa online merupakan bentuk solusi beribadah bagi umat Katolik di masa pandemi Covid-19 karena adanya pembatasan kegiatan untuk meminimalisir transmisi virus di masyarakat. Praktik ibadah yang tradisional kemudian dibawa ke media digital. Tentunya hal ini cenderung menyebabkan adanya pengadopsian logika media oleh media-media religius khususnya kanal YouTube PusPas KAJ Samadi. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan netnografi dan observasi partisipatif terhadap kanal YouTube PusPas Samadi serta komunitas-komunitas di dalamnya untuk melihat bagaimana media membentuk ulang Misa dan bagaimana mediatisasi agama merenovasi cara berorganisasi, sistem kepercayaan dan praktik keagamaan di kanal YouTube PusPas KAJ Samadi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan Liturgi akibat adanya logika media. Komodifikasi konten dan khalayak juga dilakukan dalam usaha lembaga agama menegosiasi kepentingan agama dengan logika media. Ditemukan pula adanya metamorfosis interaksi makro dan mikro pada PusPas KAJ Samadi serta berubahnya sistem kepercayaan dan praktik keagamaan oleh umat Katolik, dalam konteks objek penelitian ini yaitu Netijen Samadi.

Online Mass is a form of worship solution for Catholics during the Covid-19 pandemic due to activity restrictions to minimize virus transmission in society. Traditional worship practices are then brought to digital media. Of course, this tends to lead to the adoption of media logic by religious media, especially the PusPas KAJ Samadi YouTube channel. This study uses a qualitative research method with a netnographic approach and participatory observation of the PusPas Samadi YouTube channel and the communities in it to see how the media reshapes the Mass and how the mediatization of religion renovates organizational methods, belief systems and religious practices on the PusPas KAJ Samadi YouTube channel. The results of this study indicate that there is a liturgical change due to the logic of the media. The commodification of content and audiences is also carried out in the efforts of religious institutions to negotiate religious interests with the logic of the media. It was also found that there was a metamorphosis of macro and micro interactions at PusPas KAJ Samadi and changes in belief systems and religious practices by Catholics, in the context of the object of this research Netijen Samadi.

Kata Kunci : online Mass, religious mediatization, media logic, commodification of worship

  1. S2-2023-471722-abstract.pdf  
  2. S2-2023-471722-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-471722-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-471722-title.pdf