Laporkan Masalah

Agresivitas Tokoh Yoshimoto Kouya Dalam Drama Kazoku Game Karya Sutradara Yuichi Sato: Kajian Psikologi Sastra

MEGA AFIFAH ARUM F, Drs. Deddy Hernandy Oekon, M.Hum.

2023 | Skripsi | S1 SASTRA JEPANG

Drama Kazoku Game merupakan drama berjumlah 10 episode yang disutradarai oleh Sato Yuichi. Drama ini merupakan adaptasi dari sebuah novel karya Yohei Honma pada tahun 1983. Drama ini menceritakan mengenai seorang guru bernama Yoshimoto Kouya yang menjadi guru les privat seorang anak bernama Numata Shigeyuki. Shigeyuki merupakan anak bungsu dari keluarga terpandang yang mempunyai masalah nilai rapot dan perundungan di sekolahnya. Untuk mengatasi masalah nilai rapot dan perundungannya, Yoshimoto melakukan perilaku agresif untuk mengubah perilaku Shigeyuki. Teori agresivitas Baron digunakan untuk menganalisis drama ini. Teori ini digunakan untuk menganalisis apa saja bentuk perilaku agresif yang dilakukan oleh tokoh Yoshimoto Kouya dan faktor penyebab munculnya perilaku agresif dalam drama Kazoku Game. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa tokoh Yoshimoto Kouya melakukan agresi fisik dan verbal. Dari segi agresi fisik, ia melakukan agresi fisik-aktif-langsung dan fisik-aktif-tidak langsung. Dari segi agresi verbal, Yoshimoto Kouya melakukan tindakan agresi verbal-aktif-langsung, verbal-aktif-tidak langsung, dan verbal-pasif-langsung. Faktor penyebab munculnya perilaku agresi Yoshimoto adalah faktor sosial yaitu provokasi dan frustrasi, faktor budaya yaitu kekuasaan dan kepatuhan, dan faktor narsis.

Kazoku Game is a 10-episode drama directed by Sato Yuichi. This drama is an adaptation of a novel by Yohei Honma in 1983. This drama tells the story of a teacher named Yoshimoto Kouya who becomes a private tutor for a child named Numata Shigeyuki. Shigeyuki is the youngest child from a respected family who has grade problems and bullying at school. To overcome the problem of his grades and bullying, Yoshimoto took aggressive actions to change Shigeyuki. Baron's aggressiveness theory is used to analyze this drama. This theory is used to analyze what forms of aggressive behavior are carried out by Yoshimoto Kouya's character and the factors that cause the emergence of aggressive behavior in the Kazoku Game drama. This study uses a qualitative method which is presented descriptively. From the results of the study it was found that the character Yoshimoto Kouya did physical and verbal aggression. In terms of physical aggression, he does physical-active-direct and physical-active-indirect aggression. Then in terms of verbal aggression, Yoshimoto Kouya did verbal-active-direct, verbal-active-indirect, and verbal-passive-direct acts of aggression. Then, the factors that cause Yoshimoto's aggressive behaviors are social factors such as provocation and frustration, cultural factors such as power and obedience, and narcissistic factors.

Kata Kunci : psikologi sastra, drama Kazoku Game, agresi

  1. S1-2023-428483-abstract.pdf  
  2. S1-2023-428483-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-428483-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-428483-title.pdf