Laporkan Masalah

Keterikatan Pameran terhadap Motivasi, Kepuasan, dan Loyalitas Pengunjung pada Artjog 2022, Yogyakarta

ZAHRA AZIZAH, Runavia Mulyasari, S.Ant., M.A

2023 | Skripsi | S1 PARIWISATA

Artjog merupakan festival seni rupa kontemporer yang diadakan setahun sekali. Artjog sendiri merupakan salah satu acara seni bergengsi dan bertaraf internasional, dengan ribuan pengunjung setiap tahunnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterikatan pameran pada pengunjung Artjog 2022 menggunakan adaptasi model keterikatan pameran yang dikembangkan oleh Yi, dkk., (2018 dan 2019), dengan dimensi motivasi, dua dimensi keterikatan pameran: ketergantungan pameran dan identitas pameran, kepuasan, dan loyalitas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik SEM-PLS. Sebanyak 100 kuesioner disebarkan melalui pesan pribadi Instagram kepada responden yang telah mengunjungi Artjog 2022, dan didapatkan hasil bahwa motivasi mempengaruhi ketergantungan pameran dan identitas pameran, dengan pengaruh lebih tinggi berdasarkan nilai signifikan pada identitas pameran. Ketergantungan pameran dan identitas pameran turut mempengaruhi kepuasan dan loyalitas, dengan identitas pameran memiliki nilai signifikan lebih tinggi dalam mempengaruhi kepuasan dan loyalitas.

Artjog is a contemporare art festival which is held once a year. Artjog itself is one of the prestigious and international art events, with thousands of visitors every year. This research was conducted to determine exhibition attachment with visitors of Artjog 2022 using an adaptation of the exhibition attachment model developed by Yi, et al., (2018 and 2019), with the dimensions of motivation, two dimensions of exhibition attachment: exhibition dependence and exhibition identity, satisfaction, and loyalty. This study uses a SEM-PLS technique. A total of 100 questionnaires were distributed via Instagram's direct message to respondents who had visited Artjog 2022, and it was found that motivation influences exhibition dependence and exhibition identity, with a higher influence based on a significant value on exhibition identity. Exhibition dependency and exhibition identity also influence satisfaction and loyalty, with exhibition identity having a significantly higher value in influencing satisfaction and loyalty.

Kata Kunci : Keterikatan pameran, Artjog 2022, Pameran

  1. S1-2023-428421-abstract.pdf  
  2. S1-2023-428421-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-428421-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-428421-title.pdf